nusabali

Gianyar Gelar Ujian SD/SMP Tatap Muka

  • www.nusabali.com-gianyar-gelar-ujian-sdsmp-tatap-muka

GIANYAR, NusaBali
Pelaksanaan ujian sekolah (US) jenjang SD dan SMP di Kabupaten Gianyar dilaksanakan dengan tatap muka.

Dinas Pendidikan Gianyar mengklaim Gianyar sudah memenuhi persyaratan untuk mengadakan US tatap muka, sebagaimana disyaratkan Kemendikbud RI.

"Syaratnya, tersedia fasilitas prokes dan seluruh penyelenggara baik guru dan tata usaha sudah menjalani vaksinasi covid 19," jelas Kepala Disdik Gianyar I Wayan Sadra, Kamis (29/4).

Dikatakan Sadra, US dilaksanakan di sekolah masing-masing dan pelaksanaan perkelas maksimal 18 siswa. "Bila jumlah siswa melebihi, maka digunakan ruang kelas lain, sehingga tidak berdesakan dalam satu kelas," bebernya.

Sedangkan pelaksanaan US mulai Senin 3 Mei sampai Kamis mendatang. "Disdik sebagai penyelenggara sudah siap," jelas pejabat eselon 2 asal Nusa Penida, Klungkung ini.

Distribusi soal US, Sadra menyebut pada Sabtu (1/5) seluruh soal ujian sudah terdistribusi ke setiap sekolah. Dimana Disdik Gianyar menjadi penyelenggara, sesuai arahan pusat. "US ini bukan sebagai dasar penentuan kelulusan, hanya sebagai evaluasi akhir pbelajaran. Kelulusan ditentukan nilai raport dari kelas 1 sampai kelas VI untuk SD, begitu juga untuk SMP," jelas kadis yang juga penekun spiritual ini.

US tahun ini di Gianyar, peserta dari siswa SD sebanyak 7.958 siswa, baik dari SD Negeri dan Madrasah. Sedangkan untuk SMP peserta US sebanyak 7.386 siswa. Dikatakan Wayan Sadra, dari laporan yang diterima staf bahwa seluruh siswa sudah siap mengikuti US. *nvi

Komentar