nusabali

Polairud Ngayah Pujawali di Pura Tanah Lot

  • www.nusabali.com-polairud-ngayah-pujawali-di-pura-tanah-lot

TABANAN, NusaBali
Personel Satuan Polairud Polres Tabanan kembali ngayah (kerja bakti) serangkaian Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Buda Wage Langkir, Rabu (28/4).

Mereka bahu-membahu ngayah bersama personel lifeguard (penjaga pantai) DTW Tanah Lot. Para personel ini membantu umat saat menyeberangkan sarana upacara dari dari pantai ke lokasi pura. Hal sama juga dilakukan untuk panitia maupun sulinggih yang akan melaksanakan upacara di Utama Mandala Pura Luhur Tanah Lot.

Kasat Polairud Polres Tabanan Iptu I Wayan Putra Yadnya mengatakan kegiatan ngayah saat Pujawali di Pura Tanah Lot ini rutin dilakukan saat piodalan. Kegiatan tersebut juga dilakukan dalam penerapan konsep swadarmaning negara dalam mendukung umat melaksanakan swadarmaning agama. "Ini kegiatan rutin sebenarnya," ujar Iptu Putra Yadnya.

Menurutnya, bedanya kegiatan ngayah yang dilakukan adalah tahun ini tidak membantu menyeberangkan pamedek karena persembahyangan dibatasi. Sehingga yang dibantu adalah menyeberangkan umat membawa sarana upakara, panitia, dan sulinggih. "Kalau sebelum pandemi baru kami terlibat menyeberangkan umat dengan perahu karet," tegasnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut pihaknya tak luput menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Serta menyampaikan protokol kesehatan Covid-19 agar dilakukan secara ketat. *des

Komentar