nusabali

Pantai Gumicik Dipasangi Tanggul Penahan Abrasi

  • www.nusabali.com-pantai-gumicik-dipasangi-tanggul-penahan-abrasi

GIANYAR, NusaBali
Setelah penantian panjang, pemerintah akhirnya mewujudkan pemasangan tanggul pantai penahan abrasi di Pantai Gumicik, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Penahan abrasi ini menyambung krib antara Denpasar (wilayah Padang Galak, Sanur) sampai perairan Gianyar.

Panjang krib yang dibangun sekitar 500 meter oleh Balai Wilayah Sungai Bali - Penida. Pegiat nelayan Banjar Gumicik, Desa Ketewel, I Wayan Puja menyebut pemasangan krib sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Dimana alat berat sudah mulai bekerja dan material batu dan lainnya sudah masuk ke lokasi proyek.

"Berapa anggarannya kami tidak tahu. Setahu kami itu proyek pusat yang panjangnya sekitar 500 meter, menghubungkan tanggul pantai wilayah Denpasar - Gianyar," jelas Wayan Puja, Selasa (27/4) kemarin.

Dari informaai yang didapat, nelayan Pantai Gumicik disediakan area untuk sandaran perahu dan tempat laju perahu. "Nelayan Gumicik sangat senang, nanti ada sandaran perahu. Karena sebelumnya perahu-perahu nelayan dititipkan di pantai lain, mengingat di Pantai Gumicik tidak ada tempat," jelasnya.

Selain akan dinikmati nelayan, tanggul pantai tersebut akan mengamankan lahan milik warga setempat. Mengingat jarak pantai dengan bangunan warga hanya sekitar 5 meter. Bahkan beberapa bangunan warga sebelumnya sudah tergerus ombak.

Sedangkan hasil tangkapan nelayan kali ini tidak begitu banyak. Hasil tangkapan dominan ikan Lemuru dan sebagian kecil ikan Cakalan. Sedangkan ikan yang biasa ditangkap yang biasa disebut pindang Gumicik sangat jarang. "Hasil tangkapan nelayan tidak banyak, namun masih bisa untuk memenuhi kebutuhan dapur, hanya saja pindang Gumicik tidak muncul ke permukaan. Pendapatan nelayan menurun, namun masih ada rejeki," bebernya. *nvi

Komentar