nusabali

Setor Sampah Plastik Dapat Ayam

  • www.nusabali.com-setor-sampah-plastik-dapat-ayam

Relawan juga berikan uang saku Rp 150.000 kepada 100 orang penerima.

BANGLI, NusaBali

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli peringati Hari Bumi dengan menggelar aksi pungut sampah melibatkan siswa dan masyarakat di Desa/Kecamatan Tembuku, Bangli, Kamis (22/4). Sampah plastik yang dikumpulkan warga maupun pelajar bisa ditukarkan dengan ayam maupun telur. Penyetor sampah plastik terbanyak yang berhak dapatkan ayam.

Plt Kadisdikpora Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, serangkaian Hari Bumi, relawan lingkungan The Transformer menggelar aksi kebersihan melibatkan masyarakat dan siswa. Kegiatan meliputi pengumpulan sampah plastik. “Masyarakat dan siswa diajak mengumpulkan sampah plastik di Desa Tembuku. Hasil sampah yang terkumpul ditukar dengan ayam dan telur,” jelas Dewa Purnama.  Penukaran sampah dengan ayam maupun telur untuk memotivasi masyarakat menjaga lingkungan. Memantik kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

Sebanyak 20 ekor ayam dan 22 trey telur ayam dibagikan kepada masyarakat. Ayam diserahkan bagi pengumpul sampah terbanyak, lainnya diberikan telur. Para siswa juga ada memiliki tabungan di bank sampah, maka siswa yang terbanyak punya tabungan juga diberikan ayam. Sampah yang terkumpul dibeli oleh bank sampah. Menurut Dewa Purnama, kegiatan kali ini juga melibatkan relawan kemanusiaan. Relawan berikan beras dan telur kepada lansia. “Selain bantuan bagi lansia, relawan kemanusiaan juga berikan uang saku sebesar Rp 150.000 kepada 100 orang penerima. Dewa Purnama menambahkan, selain dapat berbagi dengan sesama, relawan juga ikut berperan menjaga lingkungan. *esa

Komentar