nusabali

Rayakan Hari Kartini, Ibu-Ibu Berlomba Sajian Nasi Tumpeng

  • www.nusabali.com-rayakan-hari-kartini-ibu-ibu-berlomba-sajian-nasi-tumpeng

NEGARA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA-KB) Jembrana menggelar berbagai kegiatan di wantilan Pura Jagatnatha Jembrana.

Kegiatan serangkaian peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4). Salah satu kegiatan, lomba menyajikan Nasi Tumpeng. Sajian nasi ini dihias buah dan sayur-mayur.


Sebagaimana umumnya, nasi tumpeng kerap disajikan untuk kelengkapan peringatan ulang tahun, baik pribadi, komunitas, atau kelembagaan.

Lomba tersebut diikuti 25 tim ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jembrana. Lomba Nasi Tumpeng itu dilengkapi juga dengan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana serta  pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD) Jembrana. Kegiatan ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jembrana Ni Gusti Ayu Candrawati alias Ny Candra Tamba.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Koordinator  Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Jembrana Inda Swari Dewi alias Ny Inda Patriana, istri Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Selain itu, hadir Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang, mewakili Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Ny Candra Tamba yang juga didampingi Kadis PPPA-KB Jembrana Ni Kade Ari Sugianti, mengaku bangga dan mendukung kegiatan ibu-ibu yang tergabung dalam GOW Jembrana ini. Terutama dalam menampilkan kreativitas, seperti membuat dan menyajikan Nasi Tumpeng yang dilengkapi karya seni mengukir dan menata buah atau sayur. “Kegiatan ini patut kami apresiasi. Selain itu, kami juga salut kepada kaum ibu-ibu. Meski dalam kondisi sulit saat ini akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, peringatan Hari Kartini dapat kita peringati dengan penuh semangat yang tinggi,” ujar Ny Candra Tamba.

Ny Candra Tamba mengharapkan peran dan kreativitas kalangan perempuan ini agar terus ditingkatkan. Tujuannya, tiada lain untuk bersama-sama memajukan pembangunan Jembrana.

“Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para ibu-ibu yang tergabung GOW Jembrana. Kami yakin, bersama perempuan dengan emansipasinya, kemajuan pembangunan pasti bisa kita wujudkan,” ucapnya.

Bupati Tamba dalam sambutannya dibacakan Pj Sekda Ledang, mengharapkan perempuan bukan saja pendamping dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Namun lebih dari itu, perempuan agar mampu menjadi pilar pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat. “Perempuan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya revolusi mental bangsa. Untuk itu, perempuan diharapkan mampu membawa perubahan serta berperan sebagai agen pembaharuan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Bupati Tamba melalui Pj Sekda Ledang menambahkan, dalam upaya mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera, seringkali dihadapkan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang masih terbelenggu lingkaran kemiskinan akibat rendahnya tingkat kesehatan dan pendidikan. “Di sinilah sangat kami harapkan peran semua kader PKK maupun organisasi wanita serta generasi muda (anak-anak). Kita harus terus bersama-sama memajukan Jembrana,” ujarnya. *ode

Komentar