nusabali

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Vaksinasi Massal di Bali

  • www.nusabali.com-panglima-tni-dan-kapolri-pantau-vaksinasi-massal-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo memantau vaksinasi massal Covid-19 di Bali, Rabu (21/4).

Ada dua titik tempat vaksinasi massal yang dipantau, yakni di lapangan tenis indoor Praja Raksaka Kepaon, Desa Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Satu titik lainnya di Mall Bali Galeria (MBG) Kecamatan Kuta, Badung.

Pertama, Panglima dan Kapolri memantau vaksinasi massal di lapangan tenis indoor Praja Raksaka Kepaon pukul 15.50 Wita. Selanjutnya pukul 16.30 Wita menuju MBG. Di Kuta, Panglima TNI dan Kapolri didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster bersama pejabat Polda Bali dan Kodam IX/Udayana.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan kedatangannya bersama Kapolri untuk melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Bali. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan oleh 80 tenaga kesehatan dari TNI dan Polri. Sementara para peserta vaksinasi berjumlah 1.198 orang. Seribuan peserta vaksinasi ini rencananya akan dilayani hingga Jumat (23/4). Pelayanannya dilakukan dengan sistem drive thru.

“Kegiatan vaksinasi ini menyasar masyarakat dan para pekerja pariwisata. Misalnya pekerja restoran, pedagang di pantai, ibu-ibu penjual makanan, tukang ojek, dan lainnya,” tutur Panglima TNI Marsekal Hadi.

Dia berharap dengan vaksinasi massal yang terus gencar dilakukan ini dapat berdampak positif. Sehingga perekonomian segera pulih. “Namun perlu diingat, setelah divaksin tetap patuhi protokol kesehatan (prokes). TNI dan Polri terus melaksanakan pengawasan prokes dengan cara melaksanakan patroli di daerah yang ada kerumunan massa,” tandasnya.

Kapolri Jenderal Listyo mengatakan kedatangannya bersama Panglima TNI untuk memastikan vaksinasi massal di Bali berjalan maksimal. “Kita tahu Bali mengandalkan sektor pariwisata. Sektor ini sangat terdampak oleh Covid-19,” ujar Kapolri Jenderal Listyo.

Kapolri mengungkapkan ada dua program yang gencar dilakukan saat ini. Pertama, pengawasan terhadap PPKM skala mikro. Kedua, pengawasan terhadap vaksinasi massal. “Harapan kita agar laju pertumbuhan Covid-19 bisa ditekan dan imunitas komunal (herd community) terbentuk. Sehingga pertumbuhan ekonomi kembali normal,” harap Kapolri Jenderal Listyo.

Sebelumnya, pada Jumat (19/3), didampingi Gubernur Bali Wayan Koster, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo memantau vaksinasi Covid-19 bagi personel TNI-Polri bertajuk ‘Serbuan Vaksinasi’ di Ge¬dung Olahraga (GOR) Praja Raksaka, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selat¬an.

Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana Kolonel CKM dr I Made Mardika, menje¬laskan jumlah personel yang menjalani vaksinasi di GOR Praja Raksaka yang diti¬n¬jau Panglima TNI, Kapolri, dan Gubernur Bali mencapai 600 orang. Me¬reka terdiri dari personel TNI AD sebanyak 233 orang, TNI AL (65 orang), TNI AU (102 orang), dan anggota Polri (200 orang). *pol

Komentar