nusabali

Bupati Suwirta Ajarkan Yowana Input Data

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajarkan-yowana-input-data

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajarkan secara langsung Yowana Gema Santi, menginput data kependudukan dan kemiskinan di desa, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (20/4).

Input melalui pelatihan tersebut diikuti 59 Yowana Gema Santi, untuk meningkatkan kinerja Yowana Gema Santi  mendata kependudukan yang awalnya bermetode manual menjadi online.


Aplikasi yang dipakai yakni sistem informasi unggulan pemetaan kependudukan dan kemiskinan dengan menggunakan cloud server. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pelatihan ini untuk mendorong para Yowana Gema Santi untuk dapat menjadi manager di desa tempatnya bertugas dan memang benar-benar tulus bekerja demi masyarakat Klungkung. "Saya menginginkan melalui aplikasi ini, dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang Kabupaten Klungkung yang meliputi tingkat pendidikan, perekonomian, pertanian dan lain-lainnya per satu KK, dengan syarat supaya dilakukan input data kependudukan secara detail dan teliti,"ujar Bupati Suwirta.

Kedepannya, jelasnya, melalui aplikasi ini data-data terkait masyarakat Klungkung dapat diakses hanya dalam genggaman, dan bisa menjadi pembanding dalam mengambil suatu kebijakan.

Yowana Gema Santi merupakan pioner di masing masing desa untuk mendata kondisi di desa. Antara lain, KK miskin, kenapa ada orang miskin dan bagaimana cara memberdayakan untuk mau bekerja. Para Yowana Gema Santi juga dibekali ilmu enterpreneur dan motivasi sehingga diharapkan akan mampu menggugah dan membangkitkan semangat warga miskin untuk bangkit dari keterpurukan. *wan

Komentar