nusabali

Pasca Operasi Besar-besaran, Sempat Sepi, Gepeng Muncul Lagi

  • www.nusabali.com-pasca-operasi-besar-besaran-sempat-sepi-gepeng-muncul-lagi

MANGUPURA, NusaBali
Meski sempat dilakukan operasi besar-besaran dan mengamankan puluhan orang gelandangan dan pengemis (gepeng), namun sejumlah gepeng justeru kembali beraksi di Simpang Nakula, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Badung, Selasa (20/4) siang.

Bahkan, dua orang gepeng sedang beraksi tertangkap tangan oleh petugas gabungan. Namun sayang, saat hendak diamankan keduanya langsung melarikan diri.


Ketua LPM Legian I Wayan Puspa Negara, mengatakan kembali mendapat laporan warga ada dua orang gepeng beraksi di Simpang Nakula. Setelah mendapat laporan warga yang melihat gepeng itu, petugas langsung turun ke lokasi bersama Linmas untuk mengecek kebenaran informasi itu. “Tadi memang kami pantau dan benar ada gepeng yang kembali beraksi. Kami berusaha untuk amankan, tapi gepeng tersebut berhasil kabur,” kata Puspa Negara.

Menurutnya, dalam menjalankan aksinya, gepeng kerap kucing-kucingan. Hal ini terbukti saat petugas gabungan melintas, gepeng tersebut tidak beraksi dan hanya berpura-pura diam di sebrang jalan. Namun, saat tim meninggalkan lokasi, mereka kembali melancarkan aksi minta-minta. “Kenapa kami sebut kucing-kucingan, karena setiap 1 jam kami selalu melewati Simpang Nakula. Namun, tidak ada yang beraksi. Tapi, saat kami putar balik dengan rentang waktu lebih cepat, terlihat ada beberapa yang lagi minta-minta,” jelas Puspa Negara.

Secara terpisah, Komandan Regu (Danru) Satpol PP BKO Kuta I Nengah Wika, mengatakan setelah operasi besar-besaran beberapa waktu lalu, terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Linmas dan LPM untuk bersama-sama melakukan pengawasan di sejumlah titik yang kerap didatangi oleh para gepeng. “Memang sempat tidak ada lagi kami temui, tapi tadi sudah terlihat ada beberapa gepeng yang kembali terlihat oleh tim LPM dan Linmas Legian,” kata Nengah Wika, Selasa (20/4) sore.

Dia pun berjanji akan meningkatkan pengawasan, dengan menempatkan petugas di lokasi tersebut, sehingga diharapkan para gepeng tidak lagi minta-minta di jalan. “Selain patroli rutin, kami juga menyiagakan personel baik secara terbuka maupun tertutup,” tegas Nengah Wika. *dar

Komentar