nusabali

Keliling Alun-alun, Staf Ahli se-Bali Majemuh

  • www.nusabali.com-keliling-alun-alun-staf-ahli-se-bali-majemuh

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra memandu kunjungan puluhan Staf Ahli Gubernur dan Bupati/Walikota se- Bali ke Alun-Alun Gianyar, Selasa (20/4).

Karena kunjungan saat sedang terik sinar matahari menyengat, pukul 12.45 Wita - 01.50 Wita, praktis para Staf Ahli dan belasan pejabat pemandu jadi majemuh (berjemur).

Bupati Mahayastra memandu tetamu penting ini mulai dari sisi utara alun –alun, lanjut berjalan mengitari alun-alun dari arah kanan. Hampir di tiap sudut alun-alun, tetamu diajak berhenti. Karena Bupati Mahayastra menjelaskan panjang lebar, mulai dari Lapangan Astina ini belum ditata, lanjut didandani sampai tampak indah dan cantik. ‘’Alun-alun ini kini jadi objek wisata alternatif bagi masyarakat Gianyar. Tiap hari selalu ramai,’’ papar politisi PDIP asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar ini.

Paparan ini berbuah diskusi hangat antara Bupati Mahayastra dan para Staf Ahli, tentang tata kota, dan pembangunan Gianyar lainnya.

Karena kepanasan, sejumlah Staf Ahli pun meneteskan keringat. Beberapa di antaranya ibu-ibu baik dari unsur Staf Ahli dan panyanggra (penyambut) tetamu, mendadak mengalami panas muka. Pejabat penyambut dan tetamu yang laki-laki pun tak kalah gerah karena sengatan panas sinar matahari.

Meski kepanasan, Koordinator Staf Ahli Gubernur Bali Dewa Putu Eka Wijaya Wardana, di antaranya, tampak menikmati acara kunjungan itu, terlebih langsung dipandu Bupati Gianyar. Jelasnya, kunjungan kerja ini serangkaian persiapan Rakorda I Staf Ahli Kepala Daerah se-Bali tahun 2021 pada 27 April 2021. Rakorda bertema ‘Menggalang Kekuatan Ekonomi Masyarakat Bali melalui Pengembangan Obat Tradisional Bali’. ‘’Kunjungan ini kecuali Staf Ahli Bupati Tabanan dan Bangli. Karena mereka sedang ada kesibukan yang tak bisa ditinggalkan,’’ jelas mantan Asisten I Pemprov Bali ini.

Bupati Mahayastra berpesan kepada para Staf Ahli untuk tak merasa sebagai pejabat buangan pimpinan. ‘’Tetaplah berperan. Beri kajian kepada pimpinan, dan jangan merasa minder,’’ ujar bupati yang telah mengangkat istrinya, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, menjadi Staf Ahli Bupati Gianyar melalui mutasi pejabat beberapa waktu lalu.

Sebelum ke Alun-alun Gianyar, Staf Ahli se-Bali ini mengunjungi Agrowisata Usadha Puri Damai di Banjar Tunon, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud. Di lokasi ini, mereka disambut Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan Setda Gianyar I Made Suradnya, bersama Staf Ahli dan kepala OPD (organisasi perangkat daerah) di Gianyar. Para tamu juga mendapatkan paparan dari pemilik sekaligus pengelola Agrowisata Usadha Puri Damai, Ida Ayu Rusmarini. Paparan itu, antara lain tentang kasiat tanaman obat tradisional sebagaimana tersurat dalam Lontar Taru Pramana.*lsa,nvi

Komentar