nusabali

Wabup Ipat Ingatkan Peran BPD Seperti DPRD

  • www.nusabali.com-wabup-ipat-ingatkan-peran-bpd-seperti-dprd

NEGARA, NusaBali
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berperan besar dalam menentukan arah Pemerintahan Desa.

Terutama, menyusun perencanaan program atau pun mengawal pembangunan di desa.  Peran para BPD di desa ini pun diibaratkan seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal itu disampaikan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna alias Ipat, saat memimpin rapat koordinasi dengan Asosiasi BPD Kabupaten Jembrana, di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, Senin(19/4).

Wabup Ipat mengingatkan BPD sebagai mitra Pemerintah Desa, harus paham akan peran, fungsi, dan kewenangan BPD. Menurutnya BPD adalah pilar utama dan merupakan jembatan dalam rangka koordinasi kerja antara Pemerintah Desa dan masyarakat.

“Keberadaan BPD jika diibaratkan, tidak ubahnya seperti keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di tingkat kabupaten. Perannya penting sekali dalam pengawasan terhadap kinerja Perbekel dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan. Termasuk melaksanakan pembinaan kemasyarakatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jembrana I Gede Sujana mengatakan, pertemuan dengan para BPD ini, adalah dalam koordinasi pimpinan. Bagaimana, para BPD diharapkan berjalan sesuai peran, fungsi, kewenangan, dan menjadi penyambung aspirasi masyarakat dalam penyelenggaran pemerintah di desa. “Secara umum, penyelenggaraan Pemerintahan Desa sampai saat ini, berjalan dengan baik. Namun di sisi lain, masih ada berbagai catatan-catatan yang sifatnya sangat bervariasi. Itu ada diakibatkan oleh faktor pengawasan yang masih lemah,” ujarnya.

Salah satu permasalah klasik saat ini, kata Sujana, terkait penugasan Kepala Kewilayahan (Kelian Dusun/Kelian Banjar). Seperti diketahui, Kepala Kewilayahan yang diangkat oleh Perbekel, diperbolehkan menjabat hingga usia 60 tahun. Karena tugasnya berhadapan langsung dengan masyarakat, sering ditemukan masalah di lapangan.

“Di sinilah kehadiran BPD sangat diharapkan ketika terjadi masalah dengan msyarakat. Untuk mencarikan solusi. Mengupayakan langkah-langkah serta segera merekomendasikan kepada perbekel. Sehingga segala permasalahan, tidak sampai memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya. *ode

Komentar