nusabali

336 Pengurus Koperasi Divaksin Anti Covid-19

Jadi Garda Terdepan Bangun Ekonomi Kerakyatan

  • www.nusabali.com-336-pengurus-koperasi-divaksin-anti-covid-19

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) menggelar vaksinasi anti Covid-19 Sinovac massal untuk 336 orang yang menjadi pengawas, pengurus/pengelola gerakan Koperasi Kabupaten Klungkung.

Vaksinasi digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Klungkung, Senin (19/4) pagi.  Kegiatan itu melibatkan tim medis sebanyak 40 orang. Vaksinasi difasilitasi oleh Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Klungkung ini, mengambil tema "Wujudkan Masyarakat Yang Sehat dan Produktif Dengan Vaksinasi Covid-19".

Pantauan di lapangan, vaksinasi tersebut digelar dari pukul 08.00 Wita-13.00 Wita, yang dikoordinir langsung oleh Ketua Dekopinda Klungkung Ngakan Made Nata, selanjutnya diikuti pengawas, pengurus/pengelola gerakan Koperasi Kabupaten Klungkung, dari 49 koperasi di Klungkung Daratan (Kecamatan Klungkung, Banjarangkan, dan Dawan). Sedangkan, vaksinasi untuk pengurus koperasi di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, akan menyusul.

Adapun vaksinasi untuk pengurus koperasi ini penting dilakukan mengingat mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat saat memberikan pelayanan, terutama dari segi ekonomi.

Ketua Dekopinda Klungkung Ngakan Made Nata  mengatakan vaksinasi untuk koperasi ini sangat penting karena koperasi menjadi garda terdepan dalam ekonomi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di masyarakat. "Bayangkan kalau kita lumpuh tentu berdampak pada perekonomian kita, khususnya di Klungkung. Dengan kita sehat maka kita bisa fokus," ujar Ngakan Nata, yang juga Ketua Koppas Srinadi sejak 2010 ini.

Kegiatan berlanjut sampai Selasa (20/4) ini, bagi pengawas, pengurus/pengelola Koppas Srinadi Klungkung sebanyak 270 orang. "Dan terakhir bagi gerakan Koperasi di Nusa Penida," kata Ngakan Nata.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni untuk pengurus koperasi diikuti sebanyak 336 orang. Pelaksanaan tersebut berjalan tertib dan sudah mengikuti protokol kesehatan dengan baik. Di samping itu pada hari yang sama juga dilakukan vaksinasi dosis kedua di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, untuk 200 sulinggih. "Mudah-mudah pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan seluruh warga bisa terhindar dari penyebaran Covid-19," harapnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan koperasi sama dengan perbankan, yakni melayani bertemu dengan nasabah. Oleh karena itu, berikan pelayanan karena setiap hari berjalan, koperasi juga kadang-kadang anggotanya banyak yang lingsir-lingsir (tua). ‘’Takutnya nanti bertemu dengan yang rentan tertular Covid-19. Pada intinya kita di Klungkung akan percepat (vaksinasi) semuanya," tegas bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Nusa Penida ini.

Bupati Suwirta berharap proses vaksinasi bisa berjalan dengan lancar dan diharapkan masyarakat lebih percaya diri untuk menghadapi situasi normal. "Walaupun sudah divaksin masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti taat memakai masker, rajin mencuci tangan dan tidak berkerumun. Hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19," harap Bupati Suwirta, saat memantau langsung pelaksanaan vaksinasi untuk Sulinggih dan Pengurus Koperasi di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya.

Pada hari yang sama, Bupati Suwirta juga meninjau kegiatan vaksinasi tahap pertama untuk warga asal Papua yang tinggal di Kabupaten Klungkung. Vaksinasi ini diikuti 20 orang yang digelar di Gedung Lantai II, Aula Kantor Polres Klungkung. *wan

Komentar