nusabali

183 Peserta Ikuti UTBK Undiksha Gelombang Satu Hari Pertama

  • www.nusabali.com-183-peserta-ikuti-utbk-undiksha-gelombang-satu-hari-pertama

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 183 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2021 di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) gelombang satu, pada hari pertama, Jumat (16/4).

Ujian yang diikuti ratusan calon mahasiswa ini menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pendaftar UTBK di Undiksha gelombang satu ada sebanyak 611 orang peserta yang terbagi dalam ujian bidang Saintek (sains dan teknologi), Soshum (sosial dan humaniora), dan campuran. Secara khusus pada Jumat kemarin, jumlah peserta ujian sebanyak 183 orang yang terbagi dalam dua sesi, yaitu pagi sebanyak 125 orang dan siang sebanyak 53 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Gede Rasben Dantes menyampaikan, ujian ini dilangsungkan di 9 ruangan yang tersebar di 4 lokasi, yakni di Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Seni, dan Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Setiap satu sesi ujian berlangsung selama tiga jam untuk Saintek dan Soshum, serta lima jam untuk campuran.

Rasben Dantes mengimbuhkan, peserta ujian diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, melakukan cek suhu tubuh, dan menjaga jarak. Sebelum ujian, ruangan pun disterilkan dan sirkulasi udara dipastikan dalam kondisi baik. Selain itu, kapasitas ruangan juga diberlakukan di bawah 50 persen.

"Untuk pelaksanaan hari ini (kemarin) berjalan dengan baik. Saya memantau dari kedatangan peserta, kemudian semua menerapkan protokol kesehatan dengan baik," jelas Rasben Dantes.

Sebagai upaya pencegahan Covid-19, panitia pelaksana, termasuk pengawas ujian juga telah divaksin. "Kami sudah lakukan sebelum pelaksanaan UTBK. Mudah-mudahan para peserta, kemudian para petugas yang terlibat dalam UTBK ini semua dalam keadaan sehat dan kita bisa menjaga atau menerapkan protokol kesehatan dengan baik," tandas dia.

Untuk diketahui, ujian pada gelombang satu berlangsung sampai 18 April 2021. Undiksha juga akan melaksanakan ujian gelombang dua pada 26 April sampai 2 Mei 2021. Secara keseluruhan, pendaftar ujian di Undiksha mencapai 2.238 orang, yang tidak hanya berasal dari daerah Bali, tetapi juga dari luar Bali. Pelaksanaan ujian ini diharapkan dapat berjalan baik.*m

Komentar