nusabali

Pujawali di Pura Lempuyang Sepi Pamedek

  • www.nusabali.com-pujawali-di-pura-lempuyang-sepi-pamedek

AMLAPURA, NusaBali
Pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang, Banjar/Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem bertepatan Umanis Galungan, Wraspati Umanis Dunggulan, Kamis (15/4) sepi pamedek.

Pamedek yang datang diwajibkan menjalankan protokol kesehatan. Pujawali dipuput Ida Pandita Mpu Maha Dharma Tanaya dari Geria Giri Kusuma, Banjar Jumenang, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem dan Ida Pandita Siwa Agni Jaya Daksa Manuaba dari Geria Agung Telaga Waja Manuaba, Banjar/Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen.

Pamangku Pura Sad Kahyangan Lempuyang, Jro Mangku Gede Wangi mengatakan, pamedek terlihat lengang sehingga tidak terjadi desak-desakan memasuki jeroan pura. Tidak terjadi antrean menunggu giliran untuk melaksanakan persembahyangan. Pamedek menuju Pura Penataran Lempuyang diantar 10 bus dari Terminal Banjar Kemuda, Desa Tribuana. Dari terminal menuju parkir jaba Pura Penataran secara bergilir. Penumpang yang naik bus dibatasi, rata-rata tiap bus mengangkut 10 orang untuk menghindari terjadi desak-desakan.

Pecalang bertugas di setiap sudut Pura Sad Kahyangan Lempuyang, terutama di candi gelung mengatur keluar masuk pamedek. Begitu kapasitas pamedek telah cukup untuk melakukan persembahyangan di Pura Penataran Lempuyang, maka pintu candi gelung kori ditutup. Pamedek wajib jaga jarak saat duduk sembahyang. Bendesa Adat Purwayu I Nyoman Jati dan Ketua Panitia Pembangunan Pura Sad Kahyangan Lempuyang I Wayan Putu Ariawan mengimbau setiap pemedek agar selalu menjalankan protokol kesehatan, pakai masker. Pamangku juga pakai masker. “Ida Bhatara tetap nyejer tiga hari, masineb pada Redite Wage Kuningan,” jelas I Wayan Putu Aryawan.

Sepinya pamedek menyebabkan tukang ojek dadakan tidak beroperasi. Sebelumnya muncul ojek dadakan dari Terminal Banjar Kemuda, Desa Tribuana menuju jaba Pura Penataran. Sepinya pamedek juga menyebabkan para tukang suun (junjung) banten juga sepi order. Nyaris tidak ada pamedek yang melanjutkan persembahyangannya dari Pura Penataran Lempuyang menuju Pura Pucak Luhur. Sehingga tukang suun banten menuju Pura Luhur tidak dapat order, begitu juga puluhan ojek yang biasanya mengantar pamedek dari jaba Pura Penataran menuju Pura Telaga Mas sepi penumpang. *k16

Komentar