nusabali

Siklon Tropis Surigae, BBMKG Imbau Tetap Waspada

  • www.nusabali.com-siklon-tropis-surigae-bbmkg-imbau-tetap-waspada

MANGUPURA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, menganalisa adanya siklon tropis Surigae yang bergerak di Samudera Pasifik atau tepatnya di sebelah Utara Papua.

Siklon yang baru muncul dalam 24 jam terakhir itu terus bergerak menjauh dari wilayah Indonesia. Meski demikian, siklon itu memberikan dampak tidak langsung, seperti angin kencang dan gelombang tinggi di beberapa wilayah termasuk Pulau Dewata.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman, mengatakan secara umum, siklon tropis Surigae ini berhasil dianalisa pada Kamis (15/4) pukul 07.00 Wita. Titik siklon itu terletak di Samudera Pasifik pada 8,6 Lintang Utara (LU), 136,5 Bujur Timur (BT) atau tepatnya sebelah Utara Papua. Siklon yang baru muncul itu memiliki kecepatan 50 knot atau setara 95 kilometer per jam.

“Siklon tropis Surigae ini baru muncul tadi pagi (kemarin). Saat ini, pergerakan dari siklon tropis Surigae terus menjauh dari wilayah Indonesia,” kata Iman, Kamis (15/4) sore.

Menurutnya, meski siklon tropis Surigae ini terus menjauh, namun ada beberapa wilayah yang terdampak intensitas hujan ringan hingga lebat serta gelombang tinggi seperti wilayah Papua, Papua Barat Kalimantan dan Sulawesi. Selain di wilayah tersebut, dampak tidak langsung juga bisa terjadi hingga ke Pulau Dewata, seperti gelombang tinggi dan juga angin kencang. “Kalau lokasi memang cukup jauh dari Bali. Namun, kondisi Pulau Dewata yang saat ini juga yang memasuki peralihan musim akan berdampak juga intensitas gelombang dan angin kencang,” jelas Iman.

Lebih jauh dikatakan Iman, dari analisa yang dilakukan, dalam tiga hari ke depan, kondisi gelombang di sebelah Utara Bali berada di kisaran 0,5 hingga 1 meter. Kemudian di perairan Selatan Bali dan Selat Bali, serta Selat Lombok berkisar 1 meter hingga 2,5 meter. Selain itu, dia juga mengimbau agar mewaspadai potensi hujan singkat yang disertai angin kencang dan kilatan petir.

“Kalau dampak dari siklon tropis Surigae itu tidak terlalu berpengaruh besar. Ya, cuaca saat ini karena faktor peralihan musim saja. Namun, masyarakat tetap harus mewaspadai potensi tersebut,” imbuhnya. *dar

Komentar