nusabali

Tersangka Penusukan Pelajar Resmi Ditahan

Nekat Aniaya Korban Karena Sering Dirundung

  • www.nusabali.com-tersangka-penusukan-pelajar-resmi-ditahan

SINGARAJA, NusaBali
Pelaku penganiayaan di Banjar Dinas di Banjar Dinas Kelodan, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, Buleleng, Dewa Putu Andrew Basudewa, 18, telah ditahan polisi.

Andrew telah mendekam di Rutan Mapolsek Seririt sejak Selasa (13/4) lalu pasca ditetapkan sebagai tersangka, hingga 2 Mei mendatang, setelah menusuk teman bermainnya sendiri. Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarajaya dikonfirmasi Kamis (15/4) mengungkapkan, korban berinisial Ida Bagus KPW, 15 telah menjalani perawatan di RSUD Buleleng. Korban sudah menjalani operasi pada luka yang dialaminya di bagian leher setelah ditusuk dengan pisau dapur. Korban juga telah diperbolehkan pulang oleh dokter setelah kondisinya sudah membaik.

Kata Iptu Sumarajaya, penyidik Unit Reskrim Polsek Seririt yang menangani kasus dugaan penganiayaan terhadap anak di bawah umur ini berencana akan meminta keterangan korban pada Jumat (15/4) hari ini. Mengingat korban yang masih di bawah umur, korban akan didampingi oleh Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Buleleng.

Sementara tersangka Andrew telah diperiksa penyidik. Dari hasil pemeriksaan, tersangka diduga nekat menganiaya korban karena sering dirundung (di-bully). Perundungan itu dilakukan dengan cara tidak mengajak tersangka ketika akan bermain. Saat korban dan teman-temannya bermain, kemudian datang tersangka, seketika itu teman-temanya, termasuk korban, meninggalkan tersangka.

"Penyidik baru mendapatkan keterangan kalau motif tersangka menganiaya karena sering di-bully. Tersangka sering ditinggal sama teman-temannya, termasuk korban saat bermain. Yang sebelumnya korban dan temannya berkumpul, begitu tersangka datang langsung bubar dan ditinggalkan. Untuk detailnya masih didalami," jelasnya.

Iptu Sumarjaya menambahkan, kasus ini masih dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Seririt. Polisi juga masih mendalami motif pasti penganiayaan yang dilakukan tersangka. "Kasus masih dalam penyelidikan, penyidik telah memeriksa tersangka dan sejumlah saksi dalam kasus ini. Rencananya, besok korban akan dimintai keterangan," tandas dia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, insiden berdarah terjadi di Banjar Dinas Kelodan, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, Buleleng, Senin (12/4) malam sekitar pukul 19.30 Wita, ketika seorang remaja ditusuk tetangganya sendiri hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Korbannya adalah Ida Bagus KPW, 15, seorang siswa Kelas IX SMP yang terluka di bagian leher setelah ditusuk oleh Dewa Putu Andrew Basudewa, 18.

Informasi di lapangan, warga di lokasi kejadian mengetahui pelaku Andrew membawa pisau dapur dari rumahnya. Sebelum aksi penganiayaan itu, remaja berusia 18 tahun yang tercatat sebagai siswa Kelas XII SMA di Seririt ini sempat bertanya kepada korban kenapa menghindar. Saat itu pula, pelaku langsung menusuk leher bagian kanan korban.

Insiden pembacokan itu disaksikan sejumlah pemuda yang sedang berkumpul di dekat TKP. Mereka pun berusaha melerai. Ada yang menolong korban ada yang menyuruh pelaku pulang ke rumahnya. Akibat penusukan itu, korban dilarikan keluarganya ke RS Santi Graha Seririt, kemudian dirujuk ke RSUD Buleleng untuk dilakukan operasi. *m

Komentar