nusabali

Luncurkan Lagu Goyang Linggis, Agung Wirasutha Ganti Nama Jadi Agung Wiradana

  • www.nusabali.com-luncurkan-lagu-goyang-linggis-agung-wirasutha-ganti-nama-jadi-agung-wiradana

“Yang jelas nama Agung Wiradana saya gunakan untuk nama niskala, keartisan, dan sehari-hari, tetapi secara hukum masih sesuai akta kelahiran I Gusti Agung Ketut Wira Sutha”

DENPASAR, NusaBali

Kabar mengejutkan datang dari Agung Wirasutha. Penyanyi pop Bali yang ngetop lewat lagu Tresna Garang Kuluk ini memutuskan mengganti namanya menjadi Agung Wiradana. Pengumuman pergantian nama ini sekaligus dibarengi dengan peluncuran single terbaru berjudul: Goyang Linggis.

“Sebenarnya berat juga melepas nama yang sudah begitu melekat pada diri saya, keluarga, dan di hati masyarakat,” ujar Agung Wirasutha didampingi sejumlah anggota keluarganya kepada awak media di Warung Cinta, Jalan Puputan Renon, Denpasar, Selasa (6/12) sore.  

Penyanyi Terbaik Pria Pramusti Bali Award 2011 ini pun menceritakan kenapa dirinya akhirnya memutuskan mengganti namanya menjadi Agung Wiradana. “Pada dasarnya orang tua kita memberikan nama kepada kita dengan maksud dan tujuan yang baik. Tetapi seiring bergulirnya waktu dalam perjalanan hidup terkadang kita dihadapkan pada situasi yang tidak mengenakkan dan sulit diterima akal sehat,” ucapnya dengan nada pelan.

Nah, terhadap kondisi yang dialaminya tersebut, penyanyi kelahiran Tabanan 24 Mei 1973 ini lantas menelisik lebih dalam apa sejatinya yang menjadi penyebabnya. “Ternyata secara niskala faktor penyebabnya adalah nama tersebut (Wirasutha, red),” ungkapnya.

Setelah melalui berbagai proses, akhirnya lahir nama Agung Wiradana yang mengandung makna keberuntungan, kreatif, kaya ide, otak brilian, suka upacara agama, dan spiritual. “Yang jelas nama Agung Wiradana saya gunakan untuk nama niskala, keartisan, dan sehari-hari, tetapi secara hukum masih sesuai akta kelahiran I Gusti Agung Ketut Wira Sutha,” tegas anak ke-8 dari 8 bersaudara dari pasangan I Gusti Wayan Suandha (alm), dan I Gusti Ayu Rai Nurati (alm.

Diakuinya, sejak menyandang nama Agung Wiradana, dirinya merasakan ada aura positif, seperti lebih kreatif dan kaya ide. Terbukti, saat tampil dalam HUT ke-7 Mangupura pada November lalu di Lapangan Puspem Mangupraja Mandala yang juga menampilkan penyanyi nasional Dewi Persik dan Cita Citata, Agung sempat mengatakan kalau Dewi Persik punya Goyang Gergaji, maka dirinya juga punya goyang spesial yaitu Goyang Linggis yang disambut riuh dan tepuk tangan penonton. “Padahal saat itu hanya spontanitas di atas panggung, tapi ternyata berlanjut pada komentar penggemar yang akhirnya mendorong dan memacu saya untuk membuat lagu baru yang berjudul Goyang Linggis,” kata karyasiswa Program Doktor Ilmu Teknik Universitas Udayana ini.

Dikatakan, lagu terbaru Goyang Linggis yang diaransemen oleh Ketut Sila ini mengusung aliran musik dangdut koplo. “Saat ini masih dalam proses penggarapan videoklip. Lagu ini rencananya ikut menghiasi album DVD saya yang merupakan gabungan single sebelumnya, berkolaborasi dengan anak saya yang juga memiliki nama baru Inda Prameswari,” ujar PNS di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Badung yang saat ini sedang mengambil cuti tahunan karena akan tampil ngayah dalam acara One Night in Bali di Sentul International Convention Center-Bongor, pada 10 Desember 2016 mendatang.

Sementara itu, keputusan Agung Wirasutha mengganti namanya menjadi Agung Wiradana mendapat dukungan penuh dari keluarga besarnya. Salah satu kakak kandungnya, I Gusti Gde Ariwijaya berharap nama baru yang disandung adiknya ini akan membawa perubahan ke arah positif. “Ya, termasuk dalam karirnya sebagai penyanyi Bali. Seperti namanya yang baru Agung Wiradana, semoga akan membawa keberuntungan, lebih kreatif, kaya ide sehingga makin mewarnai permusikan di Bali,” ucapnya. * isu

Komentar