nusabali

Debut Perdana, 'Nyaman' dan 'Ragu'

Ni Wayan Asri Ardiani Saputri

  • www.nusabali.com-debut-perdana-nyaman-dan-ragu

Wanita yang menamatkan kuliah di PSIK Fakultas Kedokteran Unud mengaku ini adalah kali pertamanya ia terjun ke industri rekaman pop Bali.

DENPASAR, NusaBali

Dunia belantika musik pop Bali kian berkembang seiring munculnya penyanyi-penyanyi baru berbakat. Salah satunya, perawat yang sudah cukup lama banting stir jadi pengusaha bernama Ni Wayan Asri Ardiani Saputri SKep.

Wanita yang akrab disapa Asri Saputri ini memulai debut perdananya dengan launching dua lagu sekaligus yaitu berjudul ‘Nyaman’ dan ‘Ragu’. Kedua lagunya diperkenalkan dalam satu pementasan khusus di Gentleman Garage, kawasan Sidakarya, Denpasar Selatan, Sabtu (10/4) lalu.

Asri Saputri menjelaskan, kedua lagu tersebut diciptakan Phaii, sahabatnya yang penyanyi sekaligus musisi pentolan grup Kroncong Djancuk. Kedua lagu yang dirilis masih sama-sama mengangkat tema tentang cinta. Pada lagu “Nyaman” Asri menceritakan bagaimana seorang wanita merasa nyaman dengan pasangannya. Sedangkan pada lagu “Ragu” justru Asri mengisahkan bagaimana keraguan seorang wanita untuk jatuh cinta lagi akibat trauma dengan kegagalan asmara yang dulu.

Asri mengaku ini adalah kali pertamanya ia terjun ke industri rekaman pop Bali. Meski demikian, Asri sebenarnya sudah tertarik menyanyi sejak SD. Bahkan oleh orangtuanya terutama sang ayah sampai mengikutkannya les menyanyi, menari Bali, hingga modeling dan akting. Namun Asri hanya bisa menyalurkan hobinya di sekolah saja. Sepanjang karirnya, Asri sempat mendukung salah satu sinetron di salah satu televisi nasional.

Kini, ia mencoba kembali menghidupkan semangat menyanyi itu. Ada dorongan dari teman-teman yang membuatnya memutuskan untuk terjun ke industri rekaman. Semua itu berawal dari pertemuan pertama wanita kelahiran 8 Mei 1992 dengan Phaii dan teman-teman saat mendukung film Bali “Celekontong Mas” yang digarap belum lama ini. Kala itu, Asri bertemu Phaii di sela-sela instirahat syuting. Ketika Asri bernyanyi kala itu Phaii dan teman-teman mendukungnya untuk rekaman.

“Belum ada ada pengalaman bernyanyi yang serius sebelumnya, apalagi rekaman. Akhirnya setelah ketemu teman-teman dan mereka mendengarkan suara saya, mereka memberi dukungan. Sehingga saya memberikan diri untuk mencoba rekaman,” tutur Asri, Jumat (9/4).

Phaii sang pencipta lagu menuturkan, lagu ‘Nyaman’ dan ‘Ragu’ memang ia tulis khusus untuk Asri Saputri. Inspirasi kedua lagu ini konon ditulis berdasarkan curhatan Asri sendiri. “Itu pure saya buatkan lagu untuk dia (Asri, red). Jadi sebenarnya ada enam lagu. Kalau dari dua lagu yang dirilis, yang judulnya ‘Ragu’ memang agak lama nulisnya. Kalau lagu ‘Nyaman’ cuma lima menit saja,” kata Phaii.

Asri melanjutkan, untuk proses rekaman dan penggarapan video klip kedua ditangani dua pihak yang berbeda. Lagu “Nyaman” direkam dan digarap musiknya oleh Sila di Silahome Studio, sedangkan video klip ditangani videographer Gus Windi dari Jibolba Baker movie. “Satunya lagi, music proses rekaman dan music “Ragu” digarap Indra dari Post Record Bali, dan video klipnya dikerjakan oleh Raflly J Flames,” terang Asri.

Sosok Asri sendiri terbilang cukup menarik.  Pemilik nama lengkap Ni Wayan Asri Ardiani Saputri SKep ini justru punya latar belakang pendidikan keperawatan. Ia menamatkan kuliah di Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Hanya saja, dia meniti karir menjadi perawat tak begitu lama. Asri akhirnya lebih memilih bisnis dengan mengelola butik.

“Saya seperti menemukan dunia saya di bisnis. Dari sini pula saya bisa melanjutkan hobi. Saya memang sangat tertarik dan menyukai lagu pop Bali, dan saya sadar apa yang dulu dilakukan ayah saya tidaklah sia-sia. Jadi kalau sekarang saya menyanyi dan rekaman,” tandasnya. *ind

Komentar