nusabali

Pohon Tumbang Tutup Jalan di Desa Selumbung

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-tutup-jalan-di-desa-selumbung

AMLAPURA, NusaBali
Dua pohon tumbang menutupi badan jalan di Banjar Kaleran, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (8/4) sekitar pukul 20.00 Wita.

BPBD Karangasem turun ke lokasi melakukan pembersihan setelah menerima laporan dari Perbekel Desa Selumbung I Wayan Sudiarka, Jumat (9/4). Dua pohon tumbang di lokasi yang sama yakni pohon belalu panjang 20 meter dengan diameter 1 meter dan pohon aren panjang 15 meter dengan diameter 30 cm.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa bersama anggota membawa 4 chainsaw memotong batang pohon belalu dan aren dibantu warga dari Subak Pauman. Perbekel Selumbung I Wayan Sudiarka turun langsung ke lokasi memantau pembersihan pohon tumbang. Awalnya pohon aren tumbang lalu menimpa pohon belalu sehingga keduanya jatuh ke jalan. Pohon itu tumbang akibat diguyur hujan lebat disertai angin kencang. “Pohon aren sepintas kelihatannya masih kuat dengan daunnya lebat, kenyataannya akarnya tidak kuat menahan beban sehingga rawan tumbang,” kata Ida Ketut Arimbawa.

Ida Ketut Arimbawa mengimbau para pemilik pohon aren yang tumbuh di pinggir jalan untuk menebang pohonnya karena rawan tumbang. Terpisah, Bendesa Adat Selumbung I Wayan Wiratma mengakui semalam terjadi hujan lebat dan angin kencang. “Syukur saat pohon tumbang tidak ada pengendara melintas di Banjar Kaleran,” kata Wiratma. *k16

Komentar