nusabali

Sebanyak 152 Ribu Warga Denpasar Telah Menjalani Vaksinasi Tahap I

  • www.nusabali.com-sebanyak-152-ribu-warga-denpasar-telah-menjalani-vaksinasi-tahap-i

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 152.148 jiwa warga Kota Denpasar telah menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama hingga Kamis (8/4).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 46.183 orang telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini saat dikonfirmasi pada Kamis kemarin, menjelaskan, Pemkot Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali merupakan simpul pergerakan perekonomian dan berbagai sektor. Karenanya, mobilitas penduduk Kota Denpasar dapat dikatakan tinggi. Sehingga, percepatan penanganan Covid-19 lewat optimalisasi pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan.

“Sesuai dengan arahan Walikota dan Wakil Walikota, jadi kami sepakat untuk memaksimalkan program vaksinasi sebagai salah satu upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kota Denpasar. Hal tersebut terbukti mampu menurunkan tingkat penularan berdasarkan data harian,” ujar Sri Armini.

Dijelaskannya, sebanyak 152.148 orang warga Kota Denpasar  telah menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Jumlah tersebut terdiri atas kumulatif petugas medis dan non medis sebanyak 18.760 orang, kumulatif pelayanan publik sebanyak 108.814 orang, dan kumulatif lansia sebanyak 24.574 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 46.183 orang yang telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua, terdiri atas kumulatif petugas medis dan non medis sebanyak 15.144 orang, kumulatif pelayanan publik sebanyak 24.357 orang, dan komulatif lansia sebanyak 6.682 orang.

“Terjadi penambahan signifikan pada sasaran vaksinasi yakni lansia dan pelayanan publik. Hal ini tak lepas dari pelaksanaan vaksinasi jemput bola berbasis banjar. Ke depan pola seperti ini akan terus kami gencarkan bersama perangkat desa/kelurahan,” tutur Sri Armini.

Sri Armini mengatakan, lewat vaksinasi dapat mendukung upaya pencegahan penularan Covid-19. Hal ini lantaran imunitas atau antibody tubuh telah terbentuk untuk melawan Covid-19. “Jadi vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk imunitas tubuh manusia untuk melawan Covid-19. Namun demikian protokol kesehatan tetap wajib diterapkan,” ucapnya.

Sri Armini mengajak masyarakat Kota Denpasar untuk ikut mensukseskan program vaksinasi ini. Masyarakat dapat melaksanakan pendaftaran secara langsung di aplikasi www.pedulilindungi.id dengan memilih fasyankes yang dikehendaki. Dan khusus di Kota Denpasar telah tersedia 40 fasyankes yang siap melayani pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga medis, petugas pelayanan publik, dan lansia yang menjadi prioritas sasaran vaksinasi saat ini.

“Ayo kita bersama sukseskan program vaksinasi Covid-19 ini, sehingga penanganan Covid-19 dapat dipercepat dan perekonomian masyarakat dapat segera pulih,” tandasnya. *mis

Komentar