nusabali

Badung Mulai Vaksinasi di Luar Zona Hijau, Hari Ini

Sasar Kuta dan Kutsel, Target Tuntas Sebelum Galungan

  • www.nusabali.com-badung-mulai-vaksinasi-di-luar-zona-hijau-hari-ini

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen menuntaskan vaksinasi khususnya di wilayah pariwisata.

Setelah sukses menuntaskan vaksinasi pada zona hijau, akan dilanjutkan di luar zona hijau. Mulai Kamis (8/4) hari ini, vaksinasi akan dilaksanakan di Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan (di luar zona hijau).

Percepatan vaksinasi di wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan (Kutsel) ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadis Kesehatan dr I Nyoman Gunarta dan Kabag Humas Made Suardita, di Rumah Jabatan Wakil Bupati di Puspem Badung, Rabu (7/4). Wabup Suiasa mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi fase kedua ini diprioritaskan menyasar para pelaku pariwisata, petugas publik, masyarakat, dan lansia yang sudah didata oleh para kaling dan kelian dinas.

Wabup Suiasa melanjutkan, untuk menyukseskan vaksinasi, Pemkab Badung akan melibatkan 56 tim dan ditargetkan tuntas sebelum Galungan (14 April 2021). Untuk di Kuta akan diterjunkan 26 tim dan di Kuta Selatan 30 tim yang merupakan kolaborasi petugas vaksinator dari puskesmas, RSD Mangusada, Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unud, Stikes Bina Usada, Stikes Mandiri Mumbul Nusa Dua. “Target kami sebelum Galungan sudah tuntas,” ujar Wabup Suiasa.

Diungkapkan, untuk jumlah sasaran sekitar 68 ribu yang terdiri dari 51 ribu di wilayah Kuta dan 17 ribu di wilayah Kuta Selatan. “Untuk wilayah Kuta Selatan menyasar desa di luar zona hijau yang meliputi Desa Ungasan, Kutuh, dan Pecatu. Sedangkan di Kuta meliputi 4 kelurahan yakni Seminyak, Legian, Kuta, dan Kedonganan,” beber pejabat asal Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, ini.

Untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi ini, Wabup Suiasa mengajak kerjasama dan sinergitas seluruh perangkat daerah terkait, perbekel, lurah, kelian dinas, kepala lingkungan tempat dilaksanakannya vaksinasi. Hal ini guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dia pun mengharapkan kerjasama perbekel, lurah, kelian dinas, dan kaling untuk menyiapkan tempat yang representatif demi kelancaran vaksinasi.

“Kita harus selalu siap untuk bergerak dan mengimbau kepada masyarakat kalau vaksinasi akan dilaksanakan. Inilah yang harus kita skemakan bersama agar saat dilakukan vaksinasi tidak terjadi kesalahpahaman serta penumpukan saat vaksinasi,” katanya.

Dikatakannya, untuk mendukung kelancaran kegiatan ini petugas data dan pencatat kesehatan sudah disiapkan. Demikian pula dengan jaringan internetnya sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kominfo agar di lokasi vaksinasi diperkuat dan diprioritaskan supaya pelaksanaan vaksinasi dapat terlaksana tertib dan lancar.

Wabup Suiasa melanjutkan pencapaian zona hijau merupakan harapan bersama. Karena dengan telah divaksinnya seluruh masyarakat Kuta dan Kuta Selatan yang merupakan kawasan pariwisata dan Badung umumnya, tentunya akan memberi kepercayaan diri kepada masyarakat. “Apalagi dalam menyambut pembukaan pariwisata sesuai yang ditargetkan oleh Bapak Presiden,” tuturnya. *ind

Komentar