nusabali

Poltekpar Launching Website Pemasaran Objek Wisata Amed

  • www.nusabali.com-poltekpar-launching-website-pemasaran-objek-wisata-amed

AMLAPURA, NusaBali
Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri NusaDua Denpasar dalam program pengabdian masyaraka, menggelar launching website Hidden East Bali.

Launching website digelar di aula Kantor Desa Purwakerti, Banjar Biaslantang Kaler, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (6/4). Website ini untuk tempat pemasaran segala keperluan di wilayah Objek Wisata Amed, Desa Purwakerti dan sekitarnya.

Launching website Hidden East Bali dihadiri Perbekel Desa Purwakerti I Nengah Karyawan, programmer website Putu Wahyu Cahyadi, dan 15 pengusaha hotel dan restoran di Objek Wisata Amed. Ketua Program Studi ADH (administrasi perhotelan) Politekpar I Gusti Agung Gede Witarsana mengungkapkan, seluruh pengusaha hotel dan restoran bisa memanfaatkan website Hidden East Bali untuk memudahkan wisatawan memilih akomodasi hotel. Gusti Agung Gede Witarsana menjelaskan, website Hidden East Bali merupakan program pengabdian masyarakat dari program studi ADM. Hasil karyanya berupa website Hidden East Bali.

Website itu sebagai tempat untuk saluran pemasaran dan penjualan produk-produk unggulan yang ada di Objek Wisata Amed dan sekitarnya. Selama ini, pengusaha membuat website sendiri-sendiri sehingga kurang efektif bagi wisatawan. Dengan website ini, wisatawan bisa buka langsung dan semua yang ada di Objek Wisata Amed bisa terakses melalui hiddeneastbali.com. Fitur-fiturnya, properties tentang akomodasi, around us tentang objek.

Fitur lainnya, special offer tentang promosi, news tentang berita-berita terkini, about us tengtang Amed dan sekitarnya, ada juga contact us, alamat yang bisa dihubungi. “Website ini silakan diisi oleh pengusaha atau perbekel. Bisa kontak materi ke Tim APM, selanjutnya data diolah mahasiswa kemudian ditayangkan di website,” jelas Gusti Agung Gede Witarsana.

Perbekel Desa Purwakerti I Nengah Aryawan mengapresiasi terbentuknya website sehingga memudahkan pemasaran dan mencari informasi tentang Objek Wisata Amed. “Persoalannya sekarang, kesulitan mencari tenaga ahli untuk mengoperasikan, makanya minta bantuan ke Poltekpar untuk mengisi materi-materi tentang Objek Wisata Amed,” jelas I Nengah Karyawan. Adanya website khusus untuk share tentang seluruh potensi di Objek Wisata Amed memudahkan wisatawan mencari beragam informasi. Sehingga seluruh akomodasi perhotelan bisa diinformasikan, begitu juga aktivitas wisata juga bisa ditampilkan terutama wisata bahari seperti menyelam, snorkeling, fishing, wisata memproduksi garam tradisional, dan lainnya.

Pande Angga Pradika selaku Ketua APM ADH memberikan solusi mengenai persoalan dihadapi Perbekel Purwakerti I Nengah Karyawan menyangkut tenaga ahli yang mengendalikan website. Nantinya pihak perusahaan pariwisata atau perbekel bisa kirim materi ke Tim APM, selanjutnya mahasiswa semester IV dan VI mengolah, menayangkan ke website, begitu seterusnya. Bantuan mengolah data dan informasi hingga menayangkan ke website tanpa dibayar, tujuannya untuk kemajuan industri pariwisata di Bali Timur. Sebanyak 15 pengusaha yang diundang semuanya diwajibkan mengikuti pre test untuk menjawab soal dan menuangakn seluruh potensi di Objek Wisata Amed untuk dimasukkan ke website. *k16

Komentar