nusabali

Rekanan Siapkan Tukang Stil Bali

Revitalisasi Pasar Umum Gianyar

  • www.nusabali.com-rekanan-siapkan-tukang-stil-bali

GIANYAR, NusaBali
Progres proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar di jantung Kota Gianyar, hampir mencapai 50 persen.

Sejalan dengan pembangunan struktur beton, rekanan dari PT Tunas Jaya Sanur, mulai menyiapkan finishing dengan motif stil Bali.

Untuk penggarapan stil Bali pasti menggunakan tenaga kerja lokal. Hal itu diungkapkan Projek Manajer Eddy Slamet Haryono ST,  Senin (5/4). "Sampai dengan saat ini progres kerja kami 47,54 persen, dari rencana 44,53 persen. Ada deviasi surplus 3,08 persen," jelasnya.

Menurut Eddy, strategi percepatan sudah dilakukan sejak awal pembangunan. "Basement selesai, naik ke atas kami mulai percepatan. Finishing arsitektur kami sudah mulai sejalan dengan pengerjaan struktur," jelasnya.

Katanya, arsitektur secara umum di basement sudah rampung. Tinggal pemasangan keramik. Selanjutnya di lantai dasar selesai pada pemasangan dinding. "Jadi arsitektur tidak menunggu pengerjaan sturktur selesai. Jalan bersamaan dia. Kalau menunggu, akan habis waktu. Apalagi, nanti kaitan mudik lebaran, kemungkinan ada tenaga pulang," ujar Eddy.

Menyiasati tenaga proyek mudik lebaran, Eddy akan mengoptimalkan tenaga kerja lokal untuk estetika stil Bali bangunan. "Untuk stil Bali, taksunya orang Bali yang punya. Makanya nanti pas lebaran, akan masuk tenaga lokal untuk stil Bali," jelasnya. Dari tampak tampilan luar, stil Bali diperkirakan akan menghiasi wajah pasar sekitar 20 persen. " Secara konsep dari depan, kanan dan kiri stil Bali. Mirip gedung DPRD Gianyar. Cuma bahannya beda. Tidak meninggalkan ciri khas Bali. Ada tulisan aksara Bali," terang Eddy.

Ditambahkan, gedung Pasar Umum Gianyar ini sudah mulai tahap pemasangan atap baja. Perkiraan, dua bulan ke depan atap sudah terpasang semua. Sementara di sekitar bangunan utama, akan dilakukan penataan taman. "Ada pedestrian, rumput, saluran air. Kita akan kerjakan mungkin dua bulan lagi. Berupa taman, ada beberapa spot foto untuk selfie," terangnya. Yang terpenting, bangunan pasar akan berisi jalur disabilitas. “Ada dua jalur difabel,” bebernya. Pihaknya juga memasang eskalator. “Aalat eskalator sudah datang. Juga ada enam lift. Ada lift untuk barang dan orang,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi Bupati Gianyar Made ‘Agus’  Mahayastra meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Umum Gianyar, Selasa (18/8/2020). Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 12.965,74 M2 (1,297 hektare) dengan anggaran Rp 250 miliar dari APBD Gianyar 2020. *nvi

Komentar