nusabali

PKB 2021 Jadi Ajang Eksklusif IKM/UMKM Putri Koster Minta Tonjolkan Produk-produk Berkualitas

  • www.nusabali.com-pkb-2021-jadi-ajang-eksklusif-ikmumkm-putri-koster-minta-tonjolkan-produk-produk-berkualitas

DENPASAR, NusaBali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny Putri Suastini Koster menekankan Pesta Kesenian Bali (PKB) adalah ajang bergengsi yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian dan warisan budaya Bali.

Kerajinan sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, sehingga harus benar-benar menampilkan produk yang berkualitas.

“Untuk itu saya minta para perajin dan Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kita untuk menampilkan produk-produk primer dalam ajang PKB ke-43 mendatang,” ujar Putri Koster saat memberi arahan pada acara Focus Group Discussion (FGD) Penentuan, Kriteria dan Informasi Produk PKB dengan tema 'Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi' bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali di Denpasar, Senin (5/3).

Menurutnya, warisan budaya Bali berupa songket, tenun endek serta perhiasan baik emas maupun perak memiliki keunikan dan nilai filosofi sendiri. Tentu saja ini tidak lepas dari kualitas yang sudah terbukti secara turun temurun.

“Jika bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? Jangan rusak produk kita dengan produk luar yang membanjiri Bali,” tegas Putri Koster dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Disperindag Provinsi Bali, I Wayan Jarta. Lebih lanjut, pendamping orang nomor satu di Bali ini juga mengimbau para perajin untuk ikut andil dalam melestarikan warisan budaya tersebut. “Dengan tidak menjual produk tiruan yang berkualitas rendah, itu berarti kita sudah tidak memberikan pilihan masyarakat untuk menikmati produk tersebut. Sehingga dengan sendirinya produk seperti itu akan hilang dari pasaran,” bebernya.

Pada hakikatnya, Putri Koster melanjutkan, pameran pada perhelatan PKB selain untuk melestarikan budaya, juga bertujuan untuk mewadahi kreativitas dan inovasi perajin serta menjembatani perajin dengan masyarakat. “Ini juga ujungnya adalah kesejahteraan perajin. Jadi kami minta turuti pakem yang ada, jika diharuskan menampilkan produk berkualitas ayo ikuti. Silahkan berinovasi dalam model, namun tanpa meninggalkan nilai filosofi dan menurunkan kualitas karya kita,” tegasnya sembari menekankan apapun tema PKB, namun karya seni harus tetap dalam koridor.

Selanjutnya, dia juga mengatakan akan terus mengevaluasi pelaksanaan pameran dalam PKB, sehingga kesalahan-kesalahan atau apapun yang keluar dari koridor yang berlaku bisa segera dibenahi. “Ini juga demi kebaikan kita bersama, sehingga kita harus bergerak, pemerintah melalui Gubernur Bali Wayan Koster sudah mengeluarkan peraturan, tugas kita mengimplementasikan dengan tepat. Karena bagaimanapun ini bertujuan demi kualitas kesenian dan warisan budaya kita,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Provinsi Bali, I Wayan Jarta melaporkan jika pameran kerajinan dalam PKB mendatang akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu online dan offline, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda. Akan tetapi, dia meyakinkan pelaksanaan pameran kali ini akan lebih menarik karena sesuai dengan harapan Ketua Dekranasda Provinsi Bali yang ingin menampilkan pameran yang berkualitas dan menonjolkan sisi keseniannya.

Adapun beberapa kategori peserta pameran PKB kali ini seperti yang dijabarkannya meliputi produk kerajinan kain tenun lembaran, perhiasan emas dan perak, tedung, bambu dan anyaman, logam, mebel, tas, sandal, dompet atau sejenisnya serta produk seperti dupa, fashion, usada dan produk spa serta pangan olahan.

Untuk mengikuti pameran kali ini adapun beberapa persyaratan peserta adalah memiliki QRIS Bank BPD Bali, peserta mampu memasarkan produknya secara online dengan menggunakan aplikasi balimall.id, serta wajib menggunakan paper bag yang ramah lingkungan. Senada dengan Ny Putri Koster, Kadis Wayan Jarta berharap para perajin dalam pameran PKB kali ini bisa menampilkan produk-produk mereka yang berkualitas serta tidak tergiur menampilkan produk tiruan yang bisa merugikan perajin itu sendiri.

Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 ini dipastikan akan digelar setelah sebelumnya tahun 2020 ditiadakan akibat pandemic Covid-19. Tahun ini walaupun pandemi belum berakhir, namun PKB diputuskan digelar. Namun pelaksanaannya digelar secara hybrid, yakni perpaduan luring (luar ruang) dan daring (dalam jaringan) alias virtual. PKB sendiri akan digelar selama satu penuh pada 13 Juni hingga 13 Juli 2021 mendatang. *nat

Komentar