nusabali

Denpasar Gelar Vaksinasi Goes to Banjar

  • www.nusabali.com-denpasar-gelar-vaksinasi-goes-to-banjar

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar memulai program Vaksinasi Goes to Banjar, Senin (5/4).

Pelaksanaan hari pertama menyasar sebanyak 6 lokasi yang ada di tiga wilayah yakni Kelurahan Sesetan, Kelurahan Panjer, dan Desa Sidakarya, Denpasar Selatan.

Salah satu lokasi vaksinasi berbasis banjar ini yakni Banjar Tengah Sesetan. Sejak pukul 08.00 Wita, warga sudah mulai mendatangi balai banjar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan AA Ngurah Gede Dharmayuda, mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Banjar Tengah Sesetan ini dilaksanakan selama tiga hari hingga 7 April mendatang. Dalam sehari pihaknya menargetkan minimal 250 orang tervaksinasi.

“Sehingga dalam tiga hari minimal di banjar ini tervaksin sebanyak 750 orang,” katanya saat ditemui di Banjar Tengah Sesetan, Denpasar Selatan.

Dia mengatakan, vaksinasi ini menyasar pelayan publik yang ada di wilayah desa/kelurahan mulai dari kader posyandu, pecalang, tokoh agama, maupun guru, serta lansia. Sedangkan dosis vaksin yang disiapkan dalam satu banjar ini per harinya sebanyak 400 dosis. Sedangkan vaksin yang digunakan yakni Sinovac.

Sementara itu, Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan saat ini masyarakat Kota Denpasar sudah mulai jenuh dengan Covid-19. Oleh karenanya, pihaknya ingin mengejar target vaksinasi Covid-19.

“Melihat kondisi di Denpasar seperti ini, di satu sisi masyarakat sudah jenuh. Sehingga kami intinya mengejar vaksinasi sekarang. Kami ingin mengejar harapan pemerintah pusat agar Denpasar bisa mengejar herd immunity yang 70 persen itu,” kata Jaya Negara.

Pelaksanaan vaksinasi berbasis banjar ini juga bertujuan untuk mengejar target vaksinasi lansia yang belum mencapai target. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, mengatakan untuk lansia baru mencapai 44 persen.

“Lansia baru 44 persen, sehingga perlu kami genjot lagi. Apalagi banyak lansia yang kesulitan pengantar sehingga harus door to door. Bagi pelayan publik, guru, lansia, maupun pedagang yang berdomisili di tiga wilayah tersebut bisa datang langsung dengan membawa e-KTP. Pihak desa maupun kelurahan juga sudah melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi ini,” imbuh Dewa Rai.

Ada 6 titik lokasi vaksinasi pada pelaksanaan pertama ini. Keenam titik tersebut meliputi Kantor Desa Sidakarya, Aula Poltekkes Denpasar, Banjar Tengah Sesetan, Banjar Pegok Sesetan, Wantilan Desa Adat Panjer, serta Banjar Kaja Panjer. *mis

Komentar