nusabali

The Tetamian Ecolodge Bali Kembangkan Wahana Wisata di Batuan

  • www.nusabali.com-the-tetamian-ecolodge-bali-kembangkan-wahana-wisata-di-batuan

GIANYAR, NusaBali
Hamparan sawah di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati memiliki potensi wisata.

Salah satunya dikembangkan menjadi The Tetamian Ecolodge Bali, dekat hamparan sawah Carik Dangin, Banjar Peninjoan, Desa Batuan.

Pengelolaa Tetamian I Ketut Arsana didampingi Owner I Nyoman Murjana menjelaskan, tempat wisata ini mencakup beberapa fasilitas, di antaranya spa, rumah makan, permainan anak, kolam renang, camping ground. Melayani wedding party, ultah, arisan dan sejenisnya. "Terbaru, di Tetamian telah diresmikan gedung Anahata Spa Academy," jelas Ketut Arsana, Selasa (30/3) sore.

Anahata Spa Academy ini akan merekrut generasi muda, khususnya Desa Batuan yang tertarik menekuni Spa. Dengan harapan, keluar dari academy para peserta didik bisa menjadi Spa terapis profesional. "Tidak saja siap bekerja di hotel, bahkan bila berminat akan disalurkan ke luar negeri," imbuh Direktur Anahata Spa Bali Academy Ni Ketut Sunarti.

Tetamian Ecolodge, kata Ketut Arsana, memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata. "Di sini juga ada jogging trek, monkey forest. Letaknya di tengah sawah, sangat jauh dari bising lalu lintas," ujarnya. Di lahan seluas 1,8 hektar ini juga rutin menjadi tempat pelaksanaan yoga ketawa, asanas dan aerobik. "Ada jadwal rutinnya," jelasnya. Di sisi lain, Tetamian menawarkan beragam menu unggulan nusantara. "Area kolam renang sedang kami tata. Mudahan hari raya Kuningan ini sudah bisa dibuka untuk umum," imbuhnya yang akrab disapa Ayong ini.

Ditambahkan, dalam situasi pandemi Tetamian cukup ramai dikunjungi. Hal itu diperkirakan karena masyarakat sudah bosan berbulan-bulan diam di rumah saja. "Banyak yang datang untuk cari hiburan, refresing. Di sini pengunjung skala besar juga bisa menggelar out bond," jelasnya yang mantan Kelian Dusun Peninjoan ini.

Dia yakin, potensi wisata desa ini akan berkembang. Terlebih saat ini pelaksanaan vaksinasi sedang digencarkan oleh pemerintah. "Sebentar lagi, pariwisata akan buka. Tentu kami menyambut baik hal ini. Dengan berbagai persiapan. Sehingga begitu pariwisata buka, kita sudah siap," imbuhnya. *nvi

Komentar