nusabali

Sebanyak 156 WNA Pemegang Kitas di Sanur Divaksinasi

  • www.nusabali.com-sebanyak-156-wna-pemegang-kitas-di-sanur-divaksinasi

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melakukan vaksinasi bagi warga negara asing (WNA) yang tinggal di Kota Denpasar, khususnya di wilayah Sanur, Denpasar Selatan, Selasa (30/3).

Sebanyak 156 WNA yang sudah memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas) divaksinasi dalam sehari.
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai saat dihubungi di Denpasar mengungkapkan dari ratusan orang itu memiliki beragam profesi seperti diantaranya guru, bekerja di hotel dan lainnya. Mengingat, di Sanur khususnya terdapat sekolah internasional juga hotel bertaraf internasional yang pekerjanya juga ada orang asing.

Lanjut Dewa Rai, mengingat Sanur diprioritaskan untuk zona hijau, maka seluruh penduduk yang tinggal di kawasan Sanur wajib menjadi sasaran vaksinasi, termasuk WNA yang memiliki Kitas tersebut. "Ya sudah ada 156 orang, tapi mereka yang menetap dengan syarat memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara atau Kitas. Kalau jumlah itu termasuk sedikit, hanya nol koma sekian dari total 30.000 lebih sasaran di Sanur," terang Dewa Rai.

Namun, jumlah itu bisa saja bertambah mengingat masih ada WNA yang belum tervaksin, terutama izin dari negara asal mereka. Terkait hal ini, Pemerintah Kota Denpasar juga telah melakukan konsultasi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, India, dan Korea Selatan yang ada di Denpasar.

Dari koordinasi ini, yang sudah mengajukan untuk vaksinasi, yakni Konjen Korea Selatan dan Jepang. Pelaksanaan vaksinasi WNA ini harus mendapat persetujuan dari negara asalnya demi keselamatan. Jika belum mendapat persetujuan, pihaknya tak berani melakukan vaksinasi.

Di samping itu, pihaknya juga mengedukasi kepada WNA yang sudah tervaksin untuk mensosialisasikan program ini, bahwa pemerintah Indonesia, baik Pemprov Bali dan Kota Denpasar secara khusus, serius dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

"Nantinya, jika Sanur maupun kawasan pariwisata lainnya sudah dibuka, para WNA yang menetap di Bali maupun Denpasar ini dapat menginformasikan kepada keluarga, kerabat atau teman-temannya untuk datang ke Indonesia, terutama Bali dan juga Sanur," tandas Dewa Rai. *mis

Komentar