nusabali

Bupati Klungkung Buka Musrenbang RKPD 2022

  • www.nusabali.com-bupati-klungkung-buka-musrenbang-rkpd-2022

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022 secara virtual dari ruang kerjanya, Selasa (30/3).

Kegiatan ini dilengkapi Konsultasi Rancangan Awal (Ranwal) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Tahun 2018-2023.  Musrenbang diikuti Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, DPRD Klungkung, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Klungkung, dan lainnya. Bupati Suwirta mengatakan untuk mencapai tujuan pembangunan daerah, perlu dirancang perencanaan pembangunan daerah yang disusun berdasarkan skala prioritas yang betul-betul dapat menyentuh serta memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Klungkung dan menjawab permasalahan daerah. ‘’Oleh karena itu penyusunan perencanaan pembangunan daerah harus mampu menghasilkan rumusan program kegiatan sesuai strategi dan kebijakan yang fokus pada pencapaian terget prioritas daerah,’’ ujarnya.

Selain itu, Bupati Suwirta berharap perhatian semua pihak yang terlibat, agar melakukan pembahasan yang serius dan mendalam dalam merumuskan strategi arah kebijakan dan program kegiatan pembangunan daerah tahun 2022. Sehingga mampu menghasilkan pembangunan daerah yang manjadi landasan kuat pencapaian target pembangunan daerah jangka menengah. “Kepada semua kepala perangkat daerah, saya instruksikan untuk merancang kegiatan tahun 2022 dengan baik dan detail, sehingga dalam pelaksanaannya nanti setelah penetapan APBD Tahun Anggaran 2022 dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” harap Bupati Suwirta.

Kepala Baperlitbang selaku Ketua Tim Penyusunan RKPD  Klungkung Anak Agung Gede Lesmana mengatakan, RKPD Tahun 2022 mengangkat sebuah tema “Percepatan Pemulihan Kehidupan Masyarakat melalui Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi” dengan empat prioritas. Yaitu, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan manusia berbudaya melalui peningkatan kualitas pendidikan kesehatan dan daya saing sumber daya manusia. Pembangunan infrastruktur untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan percepatan reformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang santun, berintegritas, akuntable, renponsif dan inovatif.

Adapun tujuannya antara lain, menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah dan menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Jumlah peserta kurang lebih sebanyak 100 orang. "Musrenbang RKPD Kabupaten Klungkung Tahun 2022 ini dilaksanakan selama tiga hari, 30 Maret - 1 April 2021," ujarnya. *wan

Komentar