nusabali

Begini Cara Anak Motor Ikut Bangkitkan Pariwisata Bali

YRFI Bali Geber 'Melali Bali Bangkit'

  • www.nusabali.com-begini-cara-anak-motor-ikut-bangkitkan-pariwisata-bali

DENPASAR, NusaBali.com –  Bukan hanya pelaku pariwisata yang berupaya keras membangkitkan sektor andalan Bali yang tengah terpuruk saat ini. Komunitas klub motor pun giat mengkampanyekan kebangkitan pariwisata Pulau Dewata.

Seperti yang dilakukan oleh klub-klub motor di bawah bendera Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) Bali yang sejak bulan Maret 2021 menggelar touring bertajuk ‘Melali Bali Bangkit’.

Melali atau berwisata ini dilakukan setiap hari Minggu dengan dua grup yang terdiri dari masing-masing 25 riders atau sepeda motor dari gabungan berbagai klub di bawah YRFI Bali. “Jumlah peserta setiap grup memang dibatasi hanya 25 orang mengingat masih terjadinya pandemi, sehingga harus dicegah kerumunan dalam jumlah yang besar,” kata Andri Fistulariyanto, Promotion DDS  Yamaha Bali, Senin (29/3/2021).

Dua grup itu pun menuju rute daya tarik wisata (DTW) yang berbeda. Seperti touring terakhir pada Minggu (28/3/2021), grup pertama menuju Kintamani di Kabupaten Bangli.  Sedangkan grup kedua, berwisata ke Bukit Campuhan, Ubud,  Kabupaten Gianyar. “Kegiatan ini sengaja dilakukan agar pariwisata Bali tetap menjadi pilihan destinasi wisata di Indonesia, sekalipun sekarang masih masa pandemi,” kata Andri.

Maksudnya, lanjut Andri,  lewat kegiatan ini setidaknya ada geliat di DTW yang dituju. Bahkan bisa menjadi ajang promosi bagi pariwisata Bali. “Karena setiap  peserta touring diwajibkan memposting kegiatan wisatanya di media sosial masing-masing yang memiliki jangkauan nasional hingga internasional,” jelas Andri.

Jumlah komunitas klub yang bergabung di bawah panji YRFI Bali sendiri berjumlah 41 klub dengan jumlah anggota sekitar 1.000 orang. Potensi besar komunitas itulah yang dinilai juga bisa mendukung sektor pariwisata Bali dengan  harapan mendongkrak perekonomian Bali yang tahun lalu mengalami kontraksi pertumbuhan minus 9,31 persen.

Sementara itu peserta ‘Melali Bali Bangkit’ pun menyambut antusias agenda mingguan ini. “Mungkin apa yang kami lakukan ini terasa kecil, tapi kami berharap hobi kami ini bisa membawa manfaat bagi khalayak umum, khususnya masyarakat Bali,” kata Rofiq Fauzi Tz, Road Captain sekaligus Koordinator Melali ke Bukit Campuhan.

Anggota klub XODA (Xabre of Dewata) ini pun berharap pandemi segera berakhir sehingga perekonomian dan pariwisata Bali bisa bangkit kembali.  “Selaku komunitas roda dua di Bali, saya menginginkan kondisi ini segera kembali seperti sediakala dan kami mendukung upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya pemulihan pariwisata Bali,” kata Rofiq.

Melali Bali Bangkit ini juga dimanfaatkan oleh riders menikmati impresi kuda besi kesayangan masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Cheryll Veronika. Lady biker ini menggeber Yamaha All New NMax. “Senang bisa ikut kegiatan Melali Bali Bangkit,” ujar Bendahara NMax Bali Club (NBC) ini. 

Meskipun dalam grup bergabung dengan komunitas  XMOC (XMax Owners  Community) yang memiliki CC motor lebih besar atau motor sport yang ditunggangi biker XODA (Xabre of Dewata) dan RVI (R15 V3 Indonesia), Cheryll mengaku tidak masalah karena bisa mengimbanginya.

Touring ke Campuhan itu pun dimanfaatkan Cheryll merasakan sensasi berkendara All New NMax yang dibelinya bulan Maret 2021. “Kelebihan NMax new  adalah posisi ridingnya pas banget buat saya di banding NMax old. Terus kalau masalah style, NMax new tidak ada yang ngalahin. Pokoknya cakep abis dah,” kata Cheryll yang sebelumnya pengguna NMax versi lama.

Cheryll pun membanggakan teknologi smart yang diusung oleh matic kelas 155cc yang laris manis ini.  “Yang paling keren, fitur parking location. Bisa memberitahu di mana lokasi parkir motor kita,” kata pelaku usaha angkringan di Kuta ini.

Fitur pemberitahuan lokasi parkir itu sendiri adalah bagian dari teknologi  Y-Connect dari Yamaha. “Y-Connect merupakan inovasi Yamaha yang membuat pengendara dapat terkoneksi dengan sepeda motor mereka,” jelas Andri.
Teknologi ini menghubungkan motor dengan smartphone pemilik. 

Aplikasi itu pun bukan hanya menyimpan lokasi parkir motor dalam map berdasarkan titik terakhir motor tersambung dengan smartphone, namun juga bisa memberikan notifikasi adanya pesan, email, dan telepon dari smartphone yang terhubung. Notifikasi tersebut nantinya disampaikan melalui layar speedometer motor.

Adanya fitur-fitur modern dari motor lansiran Yamaha inilah yang membuat berkendara semakin menyenangkan, terutama bagi penggemar touring. *mao

Komentar