nusabali

RI akan Terbitkan Visa Berlaku 5 Tahun

  • www.nusabali.com-ri-akan-terbitkan-visa-berlaku-5-tahun

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah akan menerbitkan visa jangka panjang dengan masa berlaku sampai dengan lima tahun untuk wisatawan asing.

Targetnya, fasilitas itu bisa diberikan paling lambat bulan depan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan saat ini aturan visa lima tahun itu tengah dalam proses.

"Kami akan mengimplementasi ini dalam waktu dekat, saya pikir di antara bulan ini atau bulan depan," katanya dalam acara Rethinking and Reinventing Bali Post Covid-19, seperti dikutip dari cnnindonesia.com, Jumat (26/3).

Luhut menjelaskan, apabila ketentuan mengenai visa lima tahun bagi turis itu sudah diberlakukan, diharapkan akan ada peningkatan pada jumlah kunjungan turis asing di sejumlah destinasi wisata nasional, seperti misalnya di Bali.

Sehingga, para turis asing itu nantinya akan bisa berlibur dalam jangka waktu lama dan melakukan pengeluaran yang lebih besar. Karena mereka juga bisa berlibur sambil bekerja di daerah wisata RI seperti di Bali.

"Ini saya pikir akan memberikan kepercayaan kepada investor untuk berinvestasi di Indonesia, jadi mereka bisa bekerja dari Bali," tuturnya.

Namun, ia memastikan pemerintah akan melakukan seleksi pada warga negara yang berhak mendapatkan fasilitas itu.

Selain itu, pemerintah juga akan mengambil tolak ukur (benchmark) dari negara maju maupun negara tetangga yang lebih dulu mengimplementasikan hal itu.

"Ini untuk negara-negara yang kami anggap bisa dipercaya melakukan ini, (visa lima tahun) akan segera keluar dan ini memudahkan work from Bali, jadi tidak perlu dia izin yang banyak-banyak," jelasnya.

Diketahui, wacana serupa sebelumnya juga pernah diutarakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dia bahkan telah menemui Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, guna membahas rencana yang memungkinkan wisatawan asing tinggal di Indonesia hingga lima tahun tersebut.

Sandiaga berharap kebijakan itu akan meningkatkan kualitas pariwisata dari sisi lama kunjungan dan jumlah pengeluaran wisatawan, yang tentunya juga akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.  *

Komentar