nusabali

Bupati Suwirta Serahkan Bantuan Buku dan Tinjau

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-serahkan-bantuan-buku-dan-tinjau

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan buku, alat permainan edukatif (APE) dan sembako kepada dua keluarga kurang mampu di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (25/3).

Bupati juga meninjau pembukaan jalan lingkar di wilayah Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan Kegiatan penyerahan bantuan itu serangkaian transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan peningkatan mutu pelayanan publik, dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung. Program tersebut melalui program inovasi Layanan Pustaka Permainan Edukatif Anak (Lapak) dan Pelayanan Literasi Antar ke Rumah (Pinter). Kata Bupati Suwirta Dinas Perpustakaan akan lebih berperan di tengah pandemi. Karena banyak warga yang mengalami putus sekolah dan berkurangnya minat baca akibat perkembangan teknologi digital dan IT.

Bupati Suwirta akan menggencarkan program belajar kejar paket untuk warga. Program belajar ini  tidak hanya kepada anak-anak remaja usia sekolah, namun juga kepada para orangtua yang putus sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Klungkung Komang Wisnuadi mengatakan, penerima bantuan merupakan warga kurang mampu yang memiliki anak usia sekolah. Mereka yakni Ni Komang Sunasih pekerja pemilah sampah di TOSS Center, janda tiga anak. Ni Komang Suamingsih juga janda dua anak, bekerja sebagai buruh. Bantuan yang diberikan yakni buku bacaan, cerita motivasi serta APE dan sembako. Sembako berupa beras Bulog yang mengandung vitamin lengkap, diharapkan akan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Sementara itu, Kamis (25/3), Bupati Suwirta meninjau pembukaan jalan lingkar di wilayah Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan. Pembangunan jalan ini melalui program karya bhakti oleh TNI. Jalan sepanjang 3,7 km dan lebar 6 meter, melintasi Desa Dawan Klod sampai Desa Dawan Kaler.

Bupati mengharapkan dengan jalan melingkar ini, potensi di sekitar dapat digarap dengan baik. Begitu pula lahan yang tidak produktif diperbukitan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian. "Tujuan dari pembangunan jalan lingkar ini yakni untuk mengembangkan Desa Dawan Kelod, Dawan Kaler dan Desa Besan menjadi satu kesatuan kegiatan, baik untuk desa wisata, agro wisata, maupun kegiatan perekonomian lainnya," katanya Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1610/Klungkung dan anggota TNI yang mewujudkan jalan lingkar ini. Pembukaan jalan Kodim 1610/KLK dimulai Rabu (24/3), dengan alat berat Eksafator PC 200 dari Yonzipur 18/YKR.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Klungkung Made Jati Laksana mengatakan, panjang jalan lingkar 3,7 km. Namun yang dikerjakan tahun 2021 yakni 1,7 km, sedangkan jalan yang sudah ada perkerasaan 400 m. "Jadi panjang jalan yang akan tertangani pada tahun 2021 yakni 2,1 km," ujarnya. *wan

Komentar