nusabali

Bupati Bangli Siapkan 7 Desa Masuk Zona Hijau

  • www.nusabali.com-bupati-bangli-siapkan-7-desa-masuk-zona-hijau

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, memimpin rapat persiapan zona hijau di Kabupaten Bangli, Rabu (24/3).

Berdasarkan rapat tersebut, 7 desa/kelurahan dipersiapkan masuk zona hijau. Sementara sasaran vaksin sebanyak 20 ribu orang. Ketersediaan vaksin diprioritaskan untuk desa zona hijau.

Menurut Bupati Sedana Arta, mengungkapkan Kelurahan Kubu disiapkan masuk zona hijau. Kelurahan Kubu dipilih karena ada Objek Wisata Desa Tradisional Penglipuran. Berikutnya Desa Abuan, Kecamatan Susut, dengan Objek Wisata Air Terjun Tibumana. Termasuk Desa Batur Tengah, Desa Batur Utara, Desa Batur Selatan, Desa Buahan, dan Desa Kedisan Kecamatan Kintamani. “Ini langkah persiapan membuka tempat wisata,” ungkap Bupati Sedana Arta.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini mengatakan, desa-desa yang dipersiapkan jadi zona hijau sedikitnya ada 20 ribu sasaran vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi dengan sistem banjar. Dengan demikian target vaksin cepat dituntaskan. Bupati juga akan memerintahkan seluruh OPD untuk ikut membantu pelaksanaan vaksinasi. “Tidak hanya Dinas Kesehatan saja yang bertugas, kami akan melibatkan OPD lainnya. Dinas Kesehatan sedang merancang petunjuk teknis sebagai acuan,” jelas Bupati Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini menerangkan keterlibatan OPD di luar Dinas Kesehatan akan membantu dari sisi persiapan maupun administrasi. Juga melibatkan Perguruan Tinggi Kesehatan di Bangli untuk terlibat dalam vaksinasi. “Yang menyuntikkan vaksin harus sudah bersertifikasi. Untuk menginput data akan ada pelatihan singkat,” ungkapnya. *esa

Komentar