nusabali

Berbagai Macam Alat Keselamatan Kerja yang Wajib Digunakan

  • www.nusabali.com-berbagai-macam-alat-keselamatan-kerja-yang-wajib-digunakan

JAKARTA, NusaBali.com
Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan perlindungan khusus seperti pekerja pada tambang minyak dan gas (migas), tambang terbuka, pertambangan bawah tanah dan sebagainya.

Banyak orang yang berminat dengan pekerjaan ini karena menjanjikan jenjang karir dan gaji yang cukup besar. Namun pekerjaan-pekerjaan tersebut rawan dan beresiko mengalami kecelakaan kerja. Kecelakaan ini tentu akan menimbulkan kerugian, terhambatnya operasional hingga jatuhnya korban jiwa. 

Selain itu, pekerja merupakan aset yang tak ternilai bagi sebuah perusahaan. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja maka dibutuhkan beberapa alat keselamatan kerja. Ada berbagai alat keselamatan kerja (APD) yang sering digunakan pada sebuah proyek perusahaan konstruksi, pertambangan, bangunan dan migas. 

Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja untuk Pekerja 

Berikut ini beberapa APD yang wajib digunakan oleh pekerja: 

1. Helm Pengaman 
Safety helmet atau helm pengaman adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pengaman utama untuk melindungi kepala dari benturan atau kejatuhan benda secara langsung. Perlengkapan safety ini merupakan perlengkapan yang sangat penting bagi para pekerja dalam proyek, pertambangan, konstruksi, atau migas.
 
Alat safety ini sangat membantu karena melindungi kepala dari bahaya terbentur benda keras yang ada di area kerja. Helm safety memilki berbagai desain dengan beberapa bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Selain itu, warna helm juga menunjukkan divisi pekerjaan. 

2. Rompi Reflektor 
Rompi reflektor adalah alat keselamatan kerja yang berupa rompi dan dilengkapi dengan iluminator yaitu bahan yang bisa berpendar jika terkena cahaya. Bahan iluminator ini akan mempermudah untuk saling mengenali posisi pekerja ketika berada dalam keadaan gelap dan penting untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan karena tabrakan atau kontak yang berbahaya. 

Selain itu, pakaian pelindung bisa melindungi tubuh dari berbagai bahan yang berbahaya seperti air, lumpur, minyak panas, percikan api dan sebagainya. Penggunaan rompi reflektor ini sangat penting karena pekerja proyek biasanya berada pada area yang rawan kecelakaan pada malam hari. Hal tersebut bisa disebabkan oleh penerangan are proyek yang kurang. 

3. Safety Shoes atau Sepatu Safety 

Safety shoes adalah alat keselamatan kerja yang bentuknya sama seperti sepatu biasa namun terbuat dari bahan kulit yang dilapisi oleh metal dengan sol dari karet yang tebal serta kuat. Sepatu safety bisa berfungsi untuk mencegah kecelakaan kerja yang fatal dan bisa menimpa kaki seperti tertimpa benda tajam, cairan kimia, benda panas dan sebagainya. 

Pekerja proyek sangat dianjurkan untuk menggunakan sepatu safety sebagai perlengkapan keselamatan kerja. 

4. Wearpack / Coverall 
Wearpack adalah pakaian khusus yang biasa digunakan oleh para pekerja yang ada di lingkungan kerja dengan resiko tinggi. Pakaian ini biasanya menutupi leher hingga mata kaki dimana ini bisa mengamankan serta melindungi semua bagian tubuh. Bahan-bahan yang digunakan biasanya berupa  drill atau katun untuk pekerja yang tidak berhubungan dengan api. Jual wearpack biasanya memiliki garis terang yang berfungsi untuk menghindari resiko tertabrak akibat kelalaian manusia.
 
Wearpack tidak hanya dijual sejenis karena jenis pekerjaan seseorang berbeda-beda sehingga jenisnya juga berbeda sesuai penggunaannya. Penggunaan yang berbeda biasanya menjadikannya berbeda dalam hal jenis bahan dan model. 

Manfaat Alat Safety untuk Pekerja


5. Sepatu Boot 

Safety boot atau sepatu boot merupakan alat keselamatan kerja yang digunakan pada area yang biasanya licin serta berlumpur. Sepatu boot menjadi kebutuhan pokok untuk safety dan kenyamanan dalam bekerja. Jika dilihat dari kegunaannya, sepatu ini sangat lengkap dibandingkan dengan sepatu pendek biasa. Sepatu boot sudah dilengkapi dengan sol berlapis logam untuk melindungi jari-jari kaki dari berbagai kecelakaan kerja.
 
Beberapa manfaatnya antara lain melindungi dari benda-benda tajam dan berbahaya, melindungi dari benda panas, melindungi diri dari cairan-cairan kimia berbahaya serta membuat pengguna tidak terpeleset. Anda bisa mendapatkan ini di tempat jual sepatu safety

6. Sarung Tangan (Safety Gloves) 

Peralatan K3 ini memiliki fungsi melindungi tangan agar tidak berkontak langsung dengan bahan-bahan kimia dan terluka karena bersentuhan dengan benda-benda tajam. Ada 4 jenis sarung tangan yang biasanya digunakan dalam bekerja. Cotton Gloves dan Leather Gloves berguna melindungi tangan dari sayatan, goresan serta luka ringan. 

Sarung tangan karet atau rubber gloves berguna melindungi tangan agar tidak berkontak langsung dengan bahan kimia. Yang terakhir yaitu Electrical Gloves yang berfungsi melindungi tangan dari arus listrik yang bertegangan rendah hingga tinggi. 

7. Kacamata Pengaman 

Kacamata pengaman biasanya digunakan untuk melindungi mata dari bahaya seperti kemungkinan jatuhnya benda-benda tajam, partikel kecil, percikan bahan kimia serta mengurangi sinar yang sangat menyilaukan. Kacamata pengaman ini terdiri 2 jenis yang sangat berbeda yaitu safety spectacles dan safety goggles. 

Safety spectacles punya bentuk yang sama dengan kacamata pada umumnya dan hanya bisa melindungi mata dari partikel kecil, benda-benda tajam, sinar dan debu. Kacamata pengaman biasanya dipakai ketika proses pemotongan atau penyolderan. Sedangkan bentuk safety goggles biasanya menempel pada wajah dan biasanya digunakan oleh pekerja bagian teknisi agar bisa terhindar dari bahan kimia, debu, uap dan asap.

Pusat Safety Penyedia Perlengkapan Safety Terbaik dan Berkualitas 

Pusat Safety adalah supplier serta distributor peralatan safety atau alat keselamatan kerja yang paling lengkap dan terbaik di Jakarta. Seluruh produk dari Pusat Safety sudah memenuhi standar keamanan nasional (SNI) dan internasional untuk menjamin keselamatan anda dalam bekerja. Produk-produk Pusat Safety antara lain helm proyek, body harness, baju safety, wearpack dan sebagainya. 

FAQ 

Apa saja faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja? 
-Kondisi kerja, kelalaian manusia, serta tindakan yang tidak aman. 

Apa kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan kerja? 
-Pekerja bisa menderita luka hingga kematian, kontraktor akan mengalami kerugian harta akibat biaya langsung dan tidak langsung, terjadi keterlambatan penyediaan produk dan jasa. 
 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website anda.

Komentar