nusabali

Bupati Tamba Kawal Sirkuit All In One Jadi Destinasi Wisata

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-kawal-sirkuit-all-in-one-jadi-destinasi-wisata

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba berkonsultasi ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di Jakarta, Jumat (19/3).

Konsultasi ini serangka pengembangan destinasi wisata guna meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Jembrana melalui sektor pariwisata.

Bupati Tamba secara khusus berkonsultasi terkait rencana pembangunan sirkuit all in one sebagai destinasi wisata yang akan dipusatkan di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara.  

Bupati Tamba hadir ke Kemenparekraf bersama Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana Nengah Alit. Kehadiran Bupati Tamba bersama rombongan diterima Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari, bersama Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf Wawan Gunawan.

Kepala Dinas Parbud Jembrana I Nengah Alit menyampaikan Kabupaten Jembrana memiliki warisan budaya yang bisa dimaksimalkan sebagai daya tarik wisata. Seperti Makepung dan Jegog. Destinasi all in one di Desa Pengambengan itu mengambil konsep penggabungan beberapa atraksi dalam satu lokasi. “Kami (Jembrana) memiliki warisan budaya Jegog dan Makepung yang tidak ada di daerah lain. Ini bisa dimanfaatkan sebagai atraksi wisata,” ujar Alit.

Bupati Tamba mengatakan rencana pembangunan sirkuit all in one itu untuk wadah atraksi berbagai budaya sebagai opsi destinasi wisata di Jembrana. Selain atraksi Makepung serta Jegog, pembangunan sirkuit all in one itu, juga dirancang menjadi tempat atraksi lomba Layang-layang. ‘’Makepung dan Jegog ditambah atraksi Layang-layang akan dikemas jadi satu sebagai atraksi wisata yang kami alokasikan dalam satu sirkuit all in one. Kami rencanakan bangun di Pengambengan,” ucapnya.

Bupati Tamba berharap dukungan semua pihak terhadap rencana pembangunan sirkuit all in one tersebut. Termasuk dukungan Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf. “Ke depan, kami berharap upaya ini bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Jembrana. Yang tentu tujuan utamanya, adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Jembrana,” ujar Bupati Tamba. *ode

Komentar