nusabali

MR HIT Kupas Skizofrenia Lewat Lagu 'Halusinasi'

  • www.nusabali.com-mr-hit-kupas-skizofrenia-lewat-lagu-halusinasi

DENPASAR, NusaBali.com
Kuartet Rock dari Bali, MR HIT, menggelontorkan lagu terbarunya sehari setelah perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1943.

Melalui kanal YouTubenya, Senin (15/3/2021), MR HIT memperkenalkan lagu Halusinasi yang bercerita melalui sudut pandang penderita Skizofrenia melihat masyarakat.

Digawangi Agung Yudha (gitar, vokal), Indra Dananjaya (gitar), Anantha Prasetya (bas) dan Indra Permana (drum, perkusi),  empat  personel MR HIT menyetujui pembuatan video lirik ini dan meluncurkannya tepat setelah perayaan Nyepi. “Melalui momen ini, kita memasuki masa perenungan dan kontemplasi diri, setelahnya pasti kita bisa melihat keadaan dengan lebih baik. Halusinasi muncul di kala kita dalam kondisi terbaik dalam melihat suatu peristiwa” harap Agung Yudha.

Menggunakan gabungan footage pementasan selama ini, MR HIT justru membuat video lirik alih-alih membuat video klip. “Video lirik akan membantu teman-teman memahami perasaan saudara kita di lagu ini,” ujar Indra Permana terkait alasan MR HIT melakukan hal itu.


Dengan konsep rock sebagai ciri khas band MR HIT, Halusinasi memiliki nuansa orkestra dan nuansa minor yang kental di beberapa bagian lagu. Saat musik menggelegar dari awal, pendengar akan diajak mendengarkan nuansa ‘jatuh’ yang mendadak di pertengahan lagu. Ditambah suasana muram ibaratnya berada di dalam tempat yang sangat sepi. “Konsep ini ada agar kita turut merasakan sama dengan apa yang penderita skizofrenia rasakan. Rasa kehilangan. Sepi. Sendiri menjalani kehidupan sehari- hari dengan harus mengahadapi stigma masyarakat yang datang silih berganti,” imbuh Indra Dananjaya.

Pembuatan lagu Halusinasi juga terjadi karena ada kedekatan personal beberapa personel dengan penderita skizofrenia. Melihat masih sedikit adanya kegiatan yang dapat membantu kondisi para penderita skizo, MR HIT sadar mereka juga memiliki kekurangan yang masih signifikan.

Melalui lagu Halusinasi, MR HIT berkeinginan untuk memperlihatkan dan mengajak masyarakat untuk bisa merasakan perasaan para penderita skizofrenia hingga muncul keinginan untuk merangkul kembali dan bahkan menemani tanpa pandang bulu. “Semoga dan semoga, kami bisa membantu menyebarkan pesan ini dan sekali lagi, semoga, saudara kita yang menderita keadaan skizofrenia bisa menjalani hidup dengan baik seperti layaknya saudara kita yang lain,” harap Anantha Prasetya.

Lagu Halusinasi bisa didengar dengan berkunjung ke Instagram MR HIT di @mrhitofficial dan menyaksikan video lirik Halusinasi di link bit.ly/mrhit88 .

Komentar