nusabali

Siswi SMP Jawara Lomba Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-siswi-smp-jawara-lomba-bulan-bahasa-bali

AMLAPURA, NusaBali
Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Kelantik, mengumumkan para pemenang lomba serangkaian perayaan Bulan Bahasa Bali di aula sekolah setempat, Jalan Sudirman Amlapura, Rabu (10/3).

Juara pertama dari tiga lomba disapu bersih oleh siswa putri. Lomba ini diikuti oleh 17 SMP se-Karangasem. Seluruh lomba digelar secara virtual.

Pemenang lomba cerpen Ni Kadek Mita Narasia Putra dari SMPN 2 Manggis dengan skor 2.548, juara lomba baca puisi Ni Kadek Ratna Ayu Lestari dari SMPN 1 Amlapura dengan skor 384, dan juara lomba tiktok diraih Ni Kadek Putu Anggreni dari SMPN 3 Abang dengan skor 1.144. Peserta lomba tiktok sebanyak 13 siswa, menulis cerpen sebanyak 15 siswa, dan baca puisi sebanyak 40 siswa.  I Ketut Jelantik mengatakan, persaingan di tiga nomor berlangsung ketat dibuktikan skor para pemenang beda tipis.

Misalnya pemenang ke-2 dan ke-3 lomba cerpen, Ni Nyoman Melani Sintia Dewi dari SMPN 3 Abang skor 2.482 dan I Gede Wahyu Dipta Pariandika dari SMPN 2 Amlapura skor 2.457. Begitu juga pemenang ke-2 dan ke-3 lomba baca puisi, Ni Kadek Popi dari SMPN 3 Abang skor 378, dan Ni Luh Kadek Aprilia Lestari dari SMPN 3 Selat skor 377. Pemenang ke-2 dan ke-3 lomba tiktok Ni Wayan Ayu Klarita dari SMPN 3 Amlapura skor 1.120 dan I Made Agus Prastia dari SMPN 3 Amlapura skor 1.075. “Saya mengapresiasi semangat siswa SMP ikut lomba,” kata Ketut Jelantik.

Walau dengan segala keterbatasan, lomba melalui virtual, katanya, bakat siswa tetap bisa dioptimalkan. “Saya berharap tahun depan situasi belajar kembali normal, sehingga bisa lebih leluasa mengikuti lomba,” katanya. Juara lomba cerpen Ni Kadek Mita Narasia Putra mengaku baru pertama ikut lomba cerpen dan langsung juara. “Hanya mengikuti pembinaan dua minggu, setelah saya coba ikut lomba, di luar dugaan meraih juara,” ujar siswi SMPN 2 Manggis dari Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis ini. Dewan juri, I Gde Aries Pidrawan mengatakan, cerpen mesti dengan alur jelas, ada konflik, klimaks, dan antiklimaks. *k16

Komentar