nusabali

Komunitas Kesehatan Mental Bantu ODGJ

  • www.nusabali.com-komunitas-kesehatan-mental-bantu-odgj

AMLAPURA, NusaBali
Komunitas peduli kesehatan mental menyerahkan bantuan sembako kepada Ir I Wayan Budi Artawan, 51, di Banjar Pesaban Kangin, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (7/3) lalu.

Komunitas peduli kesehatan mental itu yakni Hope and Freedom Run for Mental Health Denpasar pimpinan Rudi Waisnawa dan relawan SIMH (Suryani Institut for Mental Health) pimpinan Dr dr Cokorda Bagus Jaya Lesmana SpKJ MARS. Komunitas ini juga menyerahkan bantuan kepada 81 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) se-Bali, baik yang sudah sembuh maupun yang masih sakit.

Dr dr Cokorda Bagus Jaya Lesmana SpKJ MARS mengatakan, bantuan diserahkan usai menggelar acara Run for Metal Health Virtual Charity. Khusus di Karangasem membantu 23 penderita, salah satunya I Wayan Budi Artawan. Bantuannya satu paket sembako berisi 20 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, satu trai telur, 2 liter minyak goreng, pasta gigi, roti, dan pakaian. “Rencananya tiap bulan secara rutin membawakan bantuan,” kata Cok Bagus Jaya Lesmana.

Bantuan yang diserahkan untuk penderita ODGJ di Karangasem yakni di Kecamatan Abang, Kecamatan Manggis, dan Kecamatan Rendang. I Wayan Budi Artawan mengapresiasi perhatian relawan yang berikan bantuan kepadanya. “Saya sudah sembuh, namun saya belum bisa berjalan seperti orang normal,” kata Budi Artawan, lulusan ITB tahun 1992 dengan indeks prestasi 3,41 ini. Budi Artawan selama ini aktif menulis buku dan menulis puisi. Kisah perjalanan karirnya sebagai bintang kelas di SD, SMP, dan SMA, serta diterima sebagai mahasiswa ITB hingga gagal sebagai dosen sempat difilmkan. Pemerhati film, Andy Cesar dan Ilhan Erda yang membuat film dokumenter, dengan judul ‘Anak Matahari’. *k16

Komentar