nusabali

Februari, Keyakinan Konsumen Membaik

  • www.nusabali.com-februari-keyakinan-konsumen-membaik

JAKARTA, NusaBali
Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan keyakinan konsumen dalam negeri terhadap ekonomi mengalami peningkatan pada Februari 2021.

Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 85,8. Itu naik tipis dari Januari 2021 yang 84,9.

Keyakinan konsumen menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta-Rp3 juta per bulan.
"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 7 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar," terang Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono lewat rilis,seperti dilansir cnnindonesia.com,  Senin (8/3).

Lebih lanjut, Erwin menyebut perbaikan IKK didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

Sementara itu, ia mengatakan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap positif dan relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Itu ditopang oleh ekspektasi terhadap penghasilan ke depan.

Sebelumnya, pada survei BI Januari lalu, tercatat IKK mengalami penurunan dari 96,5 pada bulan sebelumnya menjadi 84,9.

Penurunan itu terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan mayoritas kelompok usia. Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 14 kota cakupan survei, dengan penurunan terbesar di kota Surabaya, diikuti oleh Bandung dan Mataram. *

Komentar