nusabali

Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Denpasar Capai 91,62%

  • www.nusabali.com-angka-kesembuhan-pasien-covid-19-di-denpasar-capai-9162

DENPASAR, NusaBali
Prosentase kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar capai angka 91,62 persen pada, Senin (8/3).

Berdasarkan data harian per Senin kemarin, kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar mengalami penambahan sebanyak 97 orang, pasien sembuh juga meningkat di angka 68 orang. Sementara itu, 1 orang pasien meninggal dunia.

“Perkembangan kasus harian pada hari ini (kemarin) pasien sembuh bertambah di angka 68 orang, kasus positif bertambah 97 orang dan 1 pasien meninggal dunia. Masih terjadinya penularan Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian serius bagi kita semua,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dikonfirmasi, Senin (8/3).

Berdasarkan data, secara kumulatif kasus positif tercatat 11.221 kasus,  pasien sembuh 10.281 orang (91,62 persen), meninggal dunia sebanyak 209 orang (1,86 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  731 orang (6,52 persen). Terkait kasus meninggal dunia, pasien diketahui seorang perempuan usia 53 tahun yang berdomisili di Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan. Pasien ini dinyatakan positif pada 2 Maret 2021 dan dinyatakan meninggal dunia pada 8 Maret 2021.

Dewa Rai mengajak seluruh masyarakat untuk waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Meski sudah diberikan kelonggaran dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan merupakan kewajiban.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis, tanpa disadari peningkatan pola penyebaran ini jauh berbahaya dari rata-rata angka Covid-19 pada tahun 2020 lalu,” imbuhnya

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Karenanya bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh Camat. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Dalam kesempatan tersebut Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas,  dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini mengingat tren peningakatan kasus yang diiringi dengan menurunya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan. *mis

Komentar