nusabali

Unud dan Dinkes Buka Pos Vaksinasi

  • www.nusabali.com-unud-dan-dinkes-buka-pos-vaksinasi

DENPASAR, NusaBali
Universitas Udayana (Unud) melalui Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali meresmikan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Udayana pada Kamis (4/3).

Acara peresmian dihadiri oleh Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali yang sekaligus Sekda Provinsi Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketua Senat Unud, Rektor Unud, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Direktur Rumah Sakit Unud, Dekan Fakultas Kedokteran, serta undangan lainnya bertempat di Gedung I RS Unud.

Direktur RS Unud Prof. Dewa Putu Gede Purwa Samatra menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas dalam rangka menuntaskan wabah Covid-19 di Bali. Direktur memberikan apresiasi kepada Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi melalui Dinas Kesehatan yang telah membantu 2500 vaksin untuk Universitas Udayana. Saat ini tim dari RS Unud juga membantu melakukan vaksinasi masal di ITDC Nusa Dua yang berlangsung sampai tanggal 6 Maret 2021. “Melalui kegiatan ini diharapkan Covid-19 di Provinsi Bali khususnya bisa ditanggulangi dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasanya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Direktur juga melaporkan bahwa semenjak dicanangkan sebagai Rumah Sakit Covid, lebih kurang1.600 pasien yang tertolong dan tingkat kesembuhannya di atas 90 persen.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unud Prof I Ketut Suyasa menyampaikan bahwa untuk memfasilitasi vaksinasi warga Universitas Udayana sesuai arahan Rektor, Dekan melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk membantu dan memfasilitasi penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Universitas Udayana.

Dalam koordinasi tersebut diusulkan 5.000 dosis vaksin untuk seluruh warga Universitas Udayana dalam rangka mencegah penularan termasuk menekan angka peningkatan Covid-19. Dalam kesempatan ini Dekan FK menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilakukan bersama pemerintah Provinsi Bali, salah satunya adalah donor darah plasma konvalesen serta edukasi dan dukungan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam pelayanan dan penanganan kasus Covid-19.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi memberikan apresiasi atas kerjasama antara Provinsi Bali khususnya Dinas Kesehatan dengan Universitas Udayana khususnya Fakultas Kedokteran dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang merupakan program pemerintah yang harus disukseskan dalam penanganan pandemi ini.

Apresiasi juga disampaikan kepada Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali yang telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Universitas Udayana. Kerjasama ini sudah dilakukan sejak awal pandemi Covid-19 dengan penugasan RS Unud oleh Gubernur Bali sebagai Rumah Sakit Isolasi Khusus Covid-19 dengan segala dukungannya baik di bidang infrastruktur, SDM, material maupun non material. Rektor berharap sinergitas ini tidak berakhir sampai di sini tetapi tetap berlanjut untuk kemajuan Universitas Udayana ke depan karena merupakan Universitas tertua yang ada di Provinsi Bali dan perlu dukungan dari Provinsi.

Sementara Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengharapkan kemampuan pelaksanaan vaksin di Pos Pelayanan agar ditingkatkan hingga di atas 100. “Vaksin diprioritaskan untuk masyarakat dan Sabtu ini akan diterima tambahan vaksin sehingga tinggal disiapkan kapasitas vaksinasinya,” jelasnya. Ketua Harian juga memberikan apresiasi atas kerjadama dalam penanganan Covid-19 dan berharap proses vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar. *

Komentar