nusabali

Empat Klub Dilarang Satu Grup

Turnamen Pramusim Piala Menpora

  • www.nusabali.com-empat-klub-dilarang-satu-grup

JAKARTA, NusaBali
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menegaskan, Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC akan berada di grup terpisah di turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Atas saran pihak kepolisian, keempat klub tersebut tak akan bertemu di penyisihan grup. "Empat klub itu akan dipisahkan di empat kota. Ini pertimbangan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat-red) dari kepolisian," ujar Akhmad Hadian, di Jakarta, Sabtu (6/3).

Meski demikian, LIB belum memastikan keempat tim tersebut ada di grup mana. Hal itu akan diketahui dalam pengundian grup Piala Menpora 2021 pada Senin (8/3) ini, mulai pukul 20.30 Wita.

Baik Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC memiliki jejak gesekan dan konflik antarsuporter yang panjang. Menurut LIB, pengalaman itu membuat Polri tidak ingin mengambil risiko. Apalagi kompetisi diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Operasional LIB Sudjarno menegaskan bahwa, selain permintaan dari Polri, kebijakan memisahkan Persija, Persib, Persebaya dan Arema didasarkan pada berbagai pertimbangan.

"Ada juga soal kesiapan pemerintah daerah dan masukan dari klub Liga1. Banyak pertimbangan yang mengharuskan adanya pemisahan tempat serta grupnya," kata Sudjarno.

Di samping itu, LIB juga memastikan tidak ada klub yang akan menjadi tuan rumah di penyisihan grup turnamen pramusim tersebut. Seperti, misalnya, PSS tidak akan berlaga di grup yang berlangsung di Sleman.

Piala Menpora akan berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, dengan diikuti 18 tim Liga 1. Ada empat kota yang jadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. *ant

Komentar