nusabali

Pejabat Utama dan Perwira Polres Bangli Tes Urine

  • www.nusabali.com-pejabat-utama-dan-perwira-polres-bangli-tes-urine

BANGLI, NusaBali
Guna memastikan tidak dalam pengaruh narkoba, personel Polres Bangli ditest narkoba pada Rabu (3/3).

Setidaknya ada 47 personel Polres Bangli yang menjalani pemeriksaan. Mulai dari pejabat utama maupun perwira Polres diwajibkan mengikuti tes ini. Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, mengatakan kegiatan ini merupakan iplementasi dari Program prioritas Kapolri dalam pemberantasan narkoba serta salah satu Langkah dalam penguatan fungsi pengawasan.

Menurut AKBP Gusti Agung Dhana, kegiatan ini terbilang rutin dilakukan, dan pelaksanaan akan dilakukan secara berkala sehingga tidak hanya kali ini saja. "Kegiatan ini guna  antisipasi agar tidak ada anggota yang mengkonsumsi narkoba," ungkapnya.

Disebutkan, dengan pemantauan rutin dilakukan tentu bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Lanjutnya, kegiatan tes Narkoba ini digelar oleh Sipropam bersinergi dengan Sat Narkoba Polres Bangli dengan menggunakan alat tes cepat dengan hasil yang akurat. "Berbeda dengan tes sebelumnya yang menggunakan urine sebagai sampel, alat yang digunakan kali ini menggunakan air liur yang diambil langsung dari pangkal lidah," sebutnya.

AKBP Gusti Agung Dhana menegaskan tidak toleransi bagi anggota Polres Bangli yang terjerumus narkoba. “Tidak ada toleransi terhadap kasus penyalahgunaan narkoba dan jika ada anggota Polres Bangli yang terkait kasus narkoba akan ditindak tegas, hukum sesuai dengan kode etik Polri bahkan bisa kena sanksi tegas berupa Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat,” sebutnya.

Hal serupa juga digelar di Polsek Gianyar pada Rabu pagi. Seluruh personil Polsek Gianyar dites urine untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri. Kapolsek Gianyar, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira mengatakan bahwa kegiatan tes urine ini merupakan kegiatan rutin. Dilaksanakan oleh jajaran di Polsek Gianyar untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri khususnya di Polsek Gianyar.

"Kita ini sebagai contoh masyarakat, semua anggota harus dipastikan terbebas dari penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, kita lakukan deteksi dini keterlibatan anggota dalam penyalahgunaan narkoba tersebut," ujarnya. *esa, nvi

Komentar