nusabali

Punya Masalah pada Kulit Wajah saat Pakai Masker? Ini Solusinya

  • www.nusabali.com-punya-masalah-pada-kulit-wajah-saat-pakai-masker-ini-solusinya

DENPASAR, NusaBali.com 

Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus Covid-19, setiap orang diharuskan menggunakan masker pada berbagai aktivitas, di dalam maupun luar ruangan.

Kini penggunaan masker juga menjadi hal biasa dalam tatanan kehidupan era baru. Masyarakat tidak bisa memilih untuk tidak menggunakan masker karena aturan yang telah dibuat pemerintah terkait virus Covid-19 ini.

Sayangnya, pada beberapa orang, seringnya menggunakan masker sebagai alat pelindung diri dapat menyebabkan berbagai permasalahan di kulit wajah. Berbagai masalah kulit pun muncul terutama di area wajah yang tertutup masker.

Permasalahan yang ditimbulkan dari penggunaan masker di antaranya, ruam dan gatal pada kulit wajah, serta jerawat yang terbentuk pada area yang tertutup masker. Hal itu terjadi karena gesekan, tekanan, kondisi tertutup, panas dan lembab akibat pemakaian masker.

Menurut beberapa ahli dan dokter kulit, permasalahan kulit wajah karena penggunaan masker disebabkan oleh tiga hal. Pertama, terjadinya ruam pada wajah, hal ini biasa terjadi pada jenis kulit sensitif. Selain itu bisa muncul karena reaksi alergi atau iritasi terhadap residu pelembab atau pengharum yang digunakan saat mencuci masker.

Kedua, Maskne, yaitu kondisi wajah berjerawat yang terbentuk pada area yang tertutup masker. Kondisi ini disebabkan karena gesekan, tekanan, atau kondisi tertutup, panas dan lemba tersebut dapat membuat terjadinya sumbatan pada kelenjar minyak yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Jenis kulit berminyak cenderung mudah terkena kondisi maskne ini.

Ketiga, peradangan kulit yang disebabkan oleh pergeseran masker berulang, seperti saat berbicara, memperbaiki posisi masker. Hal ini dapat mengakibatkan gatal, merah, atau lecet pada wajah. Kondisi ini terjadi karena kelembapan yang meningkat saat memakai masker.

Penggunaan masker yang terlalu lama juga dapat menimbulkan keadaan yang panas dan lembab di area yang tertutup masker. Selain itu tersumbatnya kelenjar minyak akibat tekanan dari masker tersebut juga bisa menjadi pemicu.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan agar wajah tetap mulus saat menggunakan masker adalah jangan gunakan masker yang terlalu sempit dan terlalu kuat pengikatnya serta rutin mencuci wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Gunakan juga pelembab sebelum menggunakan masker agar terhindar dari iritasi. Lalu, hindari juga menggunakan riasan wajah berlebihan ketika menggunakan masker agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori pada wajah yang bisa menimbulkan jerawat.

Dokter I Gusti Nyoman Darmasaputra atau yang akrab disapa Dokter Darma dari DNI Skin Centre mengungkapkan beberapa customer yang datang ke klinik kecantikan tersebut juga mengalami masalah yang sama. Di DNI Skin Centre sendiri memiliki perawatan tertentu untuk permasalahan kulit wajah seperti ini. “Banyak yang mengeluh muncul jerawat karena penggunaan masker, penangannya bisa menggunakan paket produk jerawat dan perawatan peeling,”tandas Dokter Darma. *

Komentar