nusabali

Pemkot Denpasar Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN RI

Sukses Terapkan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-raih-anugerah-meritokrasi-dari-kasn-ri

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar berhasil meraih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik dengan nilai 250,5 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penghargaan dalam bidang penerapan sistem merit ini diserahkan oleh Ketua KASN RI Prof Agus Pramusinto MDA yang diterima Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa disaksikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (2/3).  

Wawali Arya Wibawa  mengatakan, Pemkot Denpasar berkomitmen mendukung terciptanya reformasi birokrasi. Sukses Pemkot Denpasar meraih penghargaan ini merupakan sebuah modal awal untuk mendukung terciptanya ASN yang berkualitas dan akuntabel. Hal ini tentu secara linier akan bermuara pada terciptanya akselerasi pembangunan di Denpasar.

“Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, utamanya ASN di lingkungan Pemkot Denpasar yang terus berupaya mendukung terciptanya kesejahteraan rakyat. Penghargaan ini menjadi cambuk untuk terus maksimal dalam berinovasi mendukung akselerasi pembangunan,” jelasnya.

Prof Agus Pramusinto menjelaskan, berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, berperan penting dalam mendorong hadirnya SDM ASN yang sesuai kriteria. KASN mengawasi dan memastikan diterapkannya sistem merit, nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku dalam manajemen ASN, sehingga ASN Indonesia yang berkelas dunia dapat terwujud.

Sebagai upaya mengawasi dan memastikan penerapan sistem merit, KASN  menggelar Anugerah Meritokrasi. Penilaian ini mempertimbangkan delapan aspek manajemen ASN, yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

“Keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya,” tuturnya.

“Keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” imbuhnya. *mis

Komentar