nusabali

Rayakan HUT, Dinas Damkar Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-rayakan-hut-dinas-damkar-gelar-donor-darah

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng menggelar aksi sosial donor darah, Senin (1/3) di Kantor Damkar Buleleng, Jalan Dahlia No 7, Kota Singaraja, pada Senin (1/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia yang ke-102 yang jatuh pada 1 Maret 2021.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Buleleng, Made Subur mengatakan, acara donor darah yang diikuti oleh personel Damkar ini merupakan bentuk kepedulian para anggotanya untuk masyarakat. Sebab banyak masyarakat yang membutuhkan donasi darah. "Kegiatan ini adalah kegiatan kemanusiaan," ujar dia di sela-sela kegiatan.

"Banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan donasi darah. Kantong darah yang kita kumpulkan di HUT Damkar ini, totalnya 21 kantong darah, dengan rincian golongan darah O sebanyak 9 kantong, golongan darah A sebanyak 6 kantong dan golongan darah B sebanyak 6 kantong," beber Made Subur.

Dalam acara donor darah ini pihaknya juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Labu darah yang terkumpul selanjutnya diserahkan kepada PMI Buleleng untuk didistribusikan kepada yang membutuhkan. "Semoga nantinya kantong darah kami (Damkar Buleleng) bermanfaat untuk masyarakat membutuhkan bantuan darah," tandasnya.

Dia menyebutkan, di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, sesuai dengan SE Kemendagri, perayaan serentak HUT Damkar serentak di Indonesia, dilaksanakan dengan sederhana. Selain kegiatan donor darah, pemotongan tumpeng dan lomba yel-yel turut memeriahkan perayaan sederhana HUT Damkar kali ini.*m

Komentar