nusabali

Tumbang, Pohon Kelapa Timpa SMPN 4 Tejakula

  • www.nusabali.com-tumbang-pohon-kelapa-timpa-smpn-4-tejakula

SINGARAJA, NusaBali
Cuaca ekstrim disertai angin kencang yang menyapu Buleleng Senin (1/3) lalu mendatangkan bencana.

Pohon kelapa setinggi 5 meter di seberang jalan SMPN 4 Tejakula tumbang. Pohon berdiameter 40 sentimeter ini pun tumbang dari selatan ke utara menimpa satu ruang kelas VIII SMPN 4 Tejakula hingga terjadi kerusakan pada bagian atapnya.

Kepala SMPN 4 Tejakula Sastrawan Wijaya Mandala, Senin (1/3) kemarin mengatakan bencana akibat angin kencang itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wita. Sastrawan mengaku mendapatkan informasi dari penjaga sekolahnya. “Memang angin kencang sudah terasa sejak Minggu malam. Kami belum menghitung kerugian secara pasti berapa. Kerusakannya lumayan juga merusak atap genteng seng dan kayu rusuk atap,” jelas dia.

Evakuasi pohon tumbang pun sudah dibantu Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng. Sedangkan atap yang berlubang sementara ditanggulangi dan ditutup menggunakan terpal. Selanjutnya SMPN 4 Tejakula mengaku akan berkoordinasi lebih lanjut kepada BPBD Buleleng apakah kejadian ini masuk dalam kategori bencana atau tidak.

“Kami sedang berkoordinasi dengan BPBD dan Disdikpora Buleleng untuk tindak lanjutnya. Kalau memang tidak masuk bencana apakah bisa perbaikan menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah,red),” ungkap dia. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika mengatakan, penggunaan dana BOS untuk perbaikan akibat bencana hanya dapat dilakukan jika kategori ringan. Namun jika kategori sedang hingga berat ditangani BPBD Buleleng.

“Kalau dana BOS hanya untuk perbaikan kerusakan ringan. Karena kerusakan di SMPN 4 Tejakula itu ringan maka boleh menggunakan dana BOS. Nanti kami juga akan melakukan pendampingan untuk perencanaan perbaikan,” jelas Astika. *k23

Komentar