nusabali

Warga Gotong Royong Tanggulangi Bencana

  • www.nusabali.com-warga-gotong-royong-tanggulangi-bencana

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem menerima 48 laporan bencana yang terjadi pada Minggu (28/2).

Petugas BPBD kewalahan tangani bencana akibat keterbatasan anggota dan sarana. Sebagian besar bencana ditangani warga secara swadaya. Para perbekel menggerakkan masyarakatnya gotong royong tanggulangi bencana.  

Perbekel Desa Pertima Kecamatan Karangasem, I Gusti Ayu Biksuni, mengerahkan masyarakat untuk bergotong royong bersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah I Wayan Reni. “Syukurnya rumah yang tertimpa pohon tidak ada yang menempati sehingga terhindar dari korban jiwa," ungkap Gusti Ayu Biksuni. Warga juga diminta gotong royong bersihkan pohon tumbang yang menutup jalan di jalur Banjar Asak menuju Banjar Timbrah.

Sementara Bendesa Adat Kertasari I Dewa Made Ardika mengerahkan krama pangempon bergotong royong bersihkan Bale Gong Pura Puseh di Lingkungan Kertasari, Kelurahan Padangkerta yang roboh. “Bale gong itu dibangun pada tahun 2017. Kerugian sekitar Rp 250 juta,” ungkap Dewa Made Ardika. Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa mengapresiasi semangat warga bergotong royong bersihkan bencana.

Diakui BPBD Karangasem kekurangan tenaga dan sarana untuk melakukan penanganan bencana di banyak titik. Apalagi di dua lokasi ada korban jiwa sehingga penanganan diprioritaskan di lokasi itu. “Selama ini kami bekerjasama dengan masyarakat, bersama-sama melakukan penanganan di lapangan," kata Ida Ketut Arimbawa. Dari 48 titik bencana, telah ditangani sebanyak 19 titik, selebihnya ditangani masyarakat. BPBD memprioritaskan penanganan pohon tumbang yang menutup akses jalan raya. *k16

Komentar