nusabali

Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jadi Program Prioritas Jangka Pendek

Jaya–Wibawa Sampaikan Pidato Perdana di Sidang Paripurna Dewan

  • www.nusabali.com-penanganan-covid-19-dan-pemulihan-ekonomi-jadi-program-prioritas-jangka-pendek

DENPASAR, NusaBali
Mengawali tugas sebagai pucuk pimpinan Pemkot Denpasar, Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa menyampaikan pidato perdana di Sidang Paripurna DPRD Denpasar, Senin (1/3), di gedung dewan setempat.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede bersama Wakil Ketua I Wayan Mariyana Wandhira, I Made Mulyawan Arya, dan AA Ketut Asmara Putra, dihadiri anggota DPRD, Forkopimda, dan pimpinan OPD Pemkot Denpasar baik secara luring maupun daring. Hadir pula Ketua TP PKK Ny Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua TP PKK Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Gatri Wara Ny Purnawati Ngurah Gede.

Jaya Negara mengatakan bahwa saat ini seluruh umat manusia sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Hal paling utama dilakukan oleh semua pihak dalam beraktivitas adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dalam upaya untuk saling melindungi.

“Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tracing, testing, dan treatment (3T), saat ini juga sedang dilaksanakan vaksinasi Covid-19. Untuk itu, kami mengimbau kepada semua pihak agar tidak ragu untuk divaksin,” ujarnya

Jaya Negara menekankan, upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini menjadi prioritas jangka pendek. Pertama, mulai dari stimulus perekonomian termasuk keringanan pajak dan retribusi telah dipersiapkan. Kedua, pelatihan bagi tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja telah dipersiapkan melalui program Inkubator Pandemi Covid-19. Ketiga, setelah lolos dari program Inkubator Pandemi Covid-19, difasilitasi pemberian modal kerja (sinergitas dengan BPD dan Jamkrida).

Selanjutnya, menyiapkan e-marketplace dengan menggandeng UMKM. Selain itu program pendampingan bagi UMKM untuk pengembangan produk berstandar ekspor. Serta optimalisasi DNA sebagai ruang bagi startup Denpasar untuk mengembangkan kreativitasnya dan berbagai program pemulihan ekonomi lainnya.

Selain itu, pasangan Jaya-Wibawa akan merealisasikan Visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul). Visi ini merupakan pengejawantahan dan sinergitas dengan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dengan pelaksanaan Pola Pembangunan Semesta Berencana Guna Mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam (menyama braya).

“Kami adalah walikota dan wakil walikota untuk seluruh warga Denpasar, bukan golongan atau kelompok tertentu. Amanat warga Kota Denpasar yang diberikan akan kami laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jaya Negara

Ditambahkannya, selaku walikota dan wakil walikota terpilih dan seluruh masyarakat Kota Denpasar mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, yang telah meletakkan pondasi dan struktur yang kuat terhadap pembangunan Kota Denpasar.

“Mengawali masa bakti kami, izinkan kami mengajak seluruh komponen untuk bersatu padu, bahu membahu membangun Kota Denpasar yang kita cintai ini. Pilkada Kota Denpasar yang telah berjalan dengan baik dan lancar, menjadi bukti bahwa kedewasaan politik masyarakat Kota Denpasar sudah semakin baik,” tuturnya.

“Mari kita lanjutkan partisipasi yang baik ini, menjadi partisipasi positif dalam proses pembangunan Kota Denpasar untuk mewujudkan visi-misi Kota Denpasar, yakni Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” imbuh Jaya Negara. *mis

Komentar