nusabali

Lahan Dijual, PAUD Bhakti Yoga Direlokasi

  • www.nusabali.com-lahan-dijual-paud-bhakti-yoga-direlokasi

AMLAPURA, NusaBali
PAUD Bhakti Yoga Vasudewa di Banjar/Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem direlokasi.

Penyebabnya, pemilik lahan berencana menjual tanahnya. Buat sementara PAUD Bhakti Yoga Vasudewa pinjam tempat di Bale Desa Adat Sebudi. Pendiri PAUD Bhakti Yoga Vasudewa, I Putu Parnama, mengaku aktif sejak tahun 2014. Pada tahun ajaran 2020/2021 merekrut 20 siswa. Mereka diajar oleh tiga orang guru dengan koordinator Ni Ketut Seriasih. “Lahan yang ditempati PAUD Bhakti Yoga akan dijual oleh pemiliknya. Kami sempat bingung untuk mencari tempat baru, syukur dapat pinjam di gedung Bale Desa Adat Sebudi,” ungkap Putu Parnama saat ditemui di rumahnya, Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (25/2).

Menurutnya, sebelum menempati lahan untuk membangun gedung PAUD Bhakti Yoga, ada perjanjian dengan pemilik lahan dengan status pinjam pakai. Artinya selama PAUD Bhakti Yoga beraktivitas maka lahan bisa dipakai. Ternyata belakangan pemilik lahan berencana menjual tanahnya. “Kami tetap berterima kasih dengan pemilik lahan yang selama ini telah membantu memberikan pinjam lahan. Saya berharap nilai gedung yang dibangun diperhitungkan,” harapnya.

Guru PAUD Ni Ketut Seriasih mengatakan, pindah ke Bale Desa Adat Sebudi sejak hari Saraswati, Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (30/1) lalu. “Semua fasilitas bermain sudah dipindahkan, kecuali alat-alat yang rusak,” kata Ni Ketut Seriasih. Selama ini tidak ada pembelajaran tatap muka di sekolah karena masih pandemi Covid-19. Walau setiap hari ada siswa yang datang diantar orangtuanya, hanya mengambil tugas dan menyetorkan tugas. “Pembelajaran luring (luar jaringan) masih tetap berjalan, tidak ada masalah walau pindah tempat belajar,” jelasnya.

Jika situasi sudah normal, belajar tatap muka dilaksanakan, maka siswa kembali dapat pelajaran yoga. Tujuan yoga untuk menyeimbangkan kebugaran fisik dan kesehatan rohani. Praktek yoga lebih banyak mengimplementasikan yoga asanas atau olah pernapasan. Sehingga siswa jadi lebih cerdas karena memori otaknya dibersihkan melalui gerakan-gerakan olah pernapasan.*k16

Komentar