nusabali

Puluhan Anggota Polres Tabanan Donor Darah

Bantu Sediakan Stok Darah

  • www.nusabali.com-puluhan-anggota-polres-tabanan-donor-darah

TABANAN, NusaBali
Membantu pemenuhan stok darah ditengah pandemi Covid-19, anggota Polres Tabanan mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah di Polres Tabanan pada Kamis (25/2).

Bhakti sosial yang bekerjasama langsung dengan PMI Tabanan ini diikuti oleh 60 personil. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 40 anggota yang lolos syarat mendonorkan darah.

Donor darah yang digelar pukul 08.00 wita tersebut langsung diikuti oleh Wakapolres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel, para kapolsek, dan kasat.

Wakapolres Tabanan Kompol Ketut Gelgel seijin Kapolres Tabanan ABKP Mariochristy Panji Sakti Siregar mengatakan kegiatan ini adalah salah satu upaya Polres Tabanan membantu PMI Cabang Tabanan.

Seperti diketahui ditengah pandemi banyak masyarakat yang takut menyumbangkan darahnya. "Kita membantu donor darah guna mengatasi ketersediaan stok darah di PMI," ungkapnya.

Aksi sosial tersebut tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Anggota yang ikut mendonor datang bergantian sehingga tak sampai menimbulkan kerumunan. "Protokol kesehatan yang kami lakukan ketat, anggota kami atur untuk bergantian mendonor darah," katanya.

Dengan kondisi tersebut, Polres Tabanan selalu siap mendukung kegiatan aksi sosial seperti donor darah. Bila dinyatakan sehat dan memenuhi syarat anggota Polres Tabanan didorong ikut menyumbangkan darahnya. "Bhakti sosial semacam ini adalah wujud nyata sebagai ladang amal kami, membantu sesama khususnya bagi yang membutuhkan," imbuh Gelgel.

Adapun persyaratan umum yang wajib dilakukan jika ikut mendonor darah diantaranya, kondisi fisik harus dalam keadaan sehat, memiliki berat badan minimal 45 kilogram, suhu tubuh 36,6 - 37,5 derajat Celcius. Tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik (angka atas) dan 70-100 untuk diastolic (angka bawah). Saat pemeriksaan denyut nadi harus sekitar 50-100 kali per menit. *des

Komentar