nusabali

37 Warga Positif Covid-19 Isolasi di Rumah

  • www.nusabali.com-37-warga-positif-covid-19-isolasi-di-rumah

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 37 warga dinyatakan positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala - gejala ringan (OTG-GR) menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Mereka yang menjalani karantina di rumah akan dipantau oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem. Tujuannya, mencegah penularan virus corona di keluarga.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan 37 OTG-GR tersebar di beberapa desa dan kelurahan. “Kami akan terus mengedukasi masyarakat agar disiplin jalankan protokol kesehatan,” ungkap Gusti Bagus Putra Pertama seusai memimpin rapat di Puskesmas Selat, Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat, Rabu (24/2). Sementara OTG-GR yang masih menjalani sisa karantina di hotel sebanyak 33 orang.

Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan, tidak lagi melakukan isolasi di hotel sesuai Surat Edaran Sekprov Bali Nomor 197/SatgasCovid-19/II/2021, karena tidak lagi dibiayai pusat. Sesuai surat tersebut, batas akhir menjalani karantina di hotel yang dibiayai pusat, Sabtu (27/2). Setelah itu biayanya dihentikan. Kabupaten/kota memikirkan biaya lanjutan jika hendak melakukan karantina di hotel. Sehingga Karangasem sejak Jumat (19/2) menghentikan pengiriman warga yang terpapar Covid-19 status OTG gejala ringan ke hotel.

Warga yang dinyatakan positif Covid-19 status OTG-GR melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Sedangkan yang menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 43 orang. GTPP Covid-19 Karangasem mencatat mulai Jumat (19/2) muncul 12 kasus baru terkonfirmasi Covid-19, disusul Sabtu (20/2) sebanyak 13 kasus baru. “Status zona merah bertambah, dari dua jadi tiga wilayah yakni Desa Tista Kecamatan Abang, Kelurahan Subagan dan Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem,” katanya. Kelurahan Subagan dan Kelurahan Karangasem status zona merah sejak Minggu (7/2) dan Desa Tista Kecamatan Abang status zona merah sejak Senin (22/2). *k16

Komentar